Mohon tunggu...
Ahmad Fahrizal Aziz
Ahmad Fahrizal Aziz Mohon Tunggu... Esais, Pegiat Literasi

Instagram @fahrizalaziz

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Bambang In Mardiono, Penulis Sejarah Blitar

21 Januari 2021   14:37 Diperbarui: 21 Januari 2021   14:56 125 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bambang In Mardiono, Penulis Sejarah Blitar
Bambang In Mardiono saat menandatangani bukunya. Foto dok/member grup Muara Baca

Nama Bambang In Mardiono, atau yang akrab disapa Mbah Gudel, memang sangat melegenda. Dikenal sebagai Juru Kunci Istana Gebang, dan kemudian sebagai penulis sejarah Blitar lewat bukunya berjudul Jejak-jejak Kaki wong Blitar dari Masa ke Masa.

Namun, Mbah Gudel bukanlah seorang Akademisi. Ia seorang Abdi Negara, lebih tepatnya.

Saya mulai mengenal beliau saat pindah tugas ke Perpustakaan Bung Karno. Sebelumnya sebagai Guide bagi para wisatawan yang berkunjung ke Istana Gebang.

Istana Gebang dikenal sebagai rumah masa kecil Bung Karno di Blitar, yang dikelola langsung oleh Pemerintah Kota Blitar.

Saat ada wisatawan datang, Mbah Gudel akan menyambut dan menjelaskan banyak hal, terutama yang berkaitan dengan isi rumah dan sejarah yang menyertainya.

Karena itu ia dikenal sebagai Juru Kunci Istana Gebang. Kemudian pindah tugas sebagai Pustakawan di Perpustakaan Bung karno.

Sejarahwan informal

Diskusi dalam rangka bulan Bung Karno. Saya sebagai Moderator (kemeja coklat). Mbah Gudel sedang menyampaikan materinya.
Diskusi dalam rangka bulan Bung Karno. Saya sebagai Moderator (kemeja coklat). Mbah Gudel sedang menyampaikan materinya.

Sepanjang tahun 2018, sering saya berkunjung ke Perpustakaan Bung Karno dan berbincang dengan Mbah Gudel. Usia beliau saat itu sudah 73 tahun.

Kami kemudian membuat diskusi tiap hari Jumat bersama Komunitas Muara Baca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x