Mohon tunggu...
Bahasa

Pentingnya Berbicara dengan Sopan

8 Mei 2015   16:45 Diperbarui: 17 Juni 2015   07:15 2161 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Nama saya Fahriza Novia Syahputri . Menurut saya berbicara dengan sopan sangat diperlukan agar orang lain dapat menghargai kita karena memiliki etika dan sopan santun. Apabila kita berbicara dengan sopan, orang-orang akan menghormati kita. Seperti slogan “Anda Hormat, Kami Segan”.

Berbicara dengan sopan juga merupakan salah satu peran penting untuk menjalin komunikasi yang baik. Dengan demikian, apabila kita berbicara dengan sopan kita dapat beradaptasi dengan lingkungan baru di tempat kita berada. Salah satu cara untuk menilai karakter seseorang yaitu terlihat dari bagaimana cara kita berbicara.

Berbicara merupakan salah satu alternative untuk berkomunikasi . Di dalam berbicara kita harus memperhatikan kata-kata yang akan kita ucapkan. Seperti slogan “Mulutmu Harimaumu”. Kata-kata yang keluar dari mulut tidak akan bisa di tarik lagi. Untuk itu pentingnya berbicara dengn sopan agar tidak timbul kesalahpahaman seseorang dengan ucapan kita.

Terkadang apabila kita berbicara tidak sopan, seseorang dapat menilai bahwa kita kurang mempunyai etika dan dapat menyebabkan seseorang tersinggung dengan kata-kata yang telah kita ucapkan. Kita harus dapat menyesuaikan dengan kalangan dan usia berapa kita berbicara. Misalnya dengan yang lebih tua dari kita, kita harus dapat berbicara dengan sopan karena itu merupakan satu bentuk penghargaan terhadap teman berbicara kita.

Salah satu penilaian seseorang terhadap karakter kita dapat diketahui dari cara kita berbicara. Kita harus benar-benar menguasai berbicara dengan baik agar tidak menimbulkan rasa dendam seseorang karena perkataan yang tidak sopan. Seseorang juga dapat menilai kitaberpendidikan atau tidak dari perkataan yang kita ucapkan.

Intonasi dalam berbicara juga harus diperhatikan untuk mendukung komunikasi yang baik. Terkadang emosional seseorang dapat mempengaruhi intonasi dalam berbicara. Dalam mengatur intonasi kita juga harus dapat mengontrol emosional karena terkadang intonasi juga dapat membuat seseorang salah paham dengan apa yang kita sampaikan.

Selain itu, eyes contact juga perlu diperhatikan saat berbicara. Dengan melihat mata dari lawan bicara kita juga merupakan suatu bentuk penghargaan kita terhadap lawan bicara. Terkdang tatapan mata yang sinis juga dapat membuat kesalahpahaman seseorang atas apa yang kita sampaikan. Untuk itu kita harus dapat memperhatikan bagaimana tatapan saat berbicara untuk meyakinkan pendengar atas apa yang kita sampaikan.

Untuk itu berbicara dengan sopan merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi agar membangun komunikasi yang baik dan menghindari adanya kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Sekian hal yang dapat saya sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi yang membaca. Terimakasih…

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan