Mohon tunggu...
Fahri Fadillah
Fahri Fadillah Mohon Tunggu... Cinta dan Karya

Tentang Berkarya dan Hati

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Masker, Pasar, dan Kesadaran Masyarakat

2 Oktober 2020   07:26 Diperbarui: 2 Oktober 2020   07:38 49 2 1 Mohon Tunggu...

Begitu kalian mendengar kata pasar tradisional pasti yang ada dipikiran kalian adalah tempat yang sangat ramai, wanginya kurang sedap, kumuh, dan banyak hal buruk lainnya. Tapi, di luar masalah itu pasar tradisional menjadi salah satu tempat perputaran roda ekonomi masyarakat.

Pasar tradisional masih menjadi primadona bagi masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli ditengah maraknya retail-retail kelas menengah keatas. Harga yang lebih rendah dan proses tawar menawar antara penjual dan pembeli menjadi beberapa alasan pasar tradisional masih bertahan sampai sekarang.

Sayangnya, Saat ini segala sektor sedang redup karena dampak dari wabah virus corona yang melanda termasuk sektor ekonomi. Virus ini dinilai berbahaya karena menyerang sistem kekebalan tubuh dan proses penyebarannya yang sangat cepat. Dengan jarak yang kurang dari 1 meter virus ini dapat menyebar dari penderita ke yang lainnya.

Protokol kesehatan menjadi salah satu hal yang dijalankan pemerintah saat ini guna memutus mata rantai penyebaran virus corona dan menghidupkan kembali semua sektor. Pembatasan wilayah juga banyak diterapkan diberbagai daerah dengan kampanye 3M yaitu Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak.

Sosialisasi dan razia sering dilakukan kepada masyarakat guna memberi pemahaman yang baik agar terhindar dari bahaya virus corona. Semua tempat yang berpotensi menimbulkan keramaian diberi pemahaman termasuk pasar tradisional. Hal ini dinilai lebih efektif dan dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Pasar tradisional menjadi salah satu fokus utama dalam menerapkan protokol kesehatan. Pemahaman masyarakat akan bahayanya virus corona dan pentingnya menerapkan 3 M dirasa masih kurang. Masih banyak pembeli dan penjual mengabaikan hal tersebut padahal pasar tradisional menjadi tempat yang paling memungkinkan penyebaran virus secara cepat.

Saat ini, hal yang paling mudah untuk dilakukan dengan menerapkan 3 M. Karena hanya dengan cara itu kita dapat meminimalisai bahaya terpaparnya birus corona. Tolong ingatkan keluarga dekat kalian untuk mencuci tangan, menjaga jarak dan tetap memakai masker walau hanya pergi ke pasar tradisional. Semoga pandemi ini segera berakhir dan semua kembali normal. Stay safe.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x