Mohon tunggu...
Fahmi Irhamsyah
Fahmi Irhamsyah Mohon Tunggu... The Lifelong Learner

Travel Blogger, Travel Preneur, live in the Birmingham United Kingdom, Post Graduate School University State Of Jakarta and Short Course School Of Education University Of Birmingham. Interested in Social Issue, History, Humaniora and Islam II Instagram and fan page @fahmiirhamsyah

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Bersepeda Murah ke London, Mau? (Part 1)

4 Desember 2019   23:03 Diperbarui: 4 Desember 2019   23:08 20 1 0 Mohon Tunggu...
Bersepeda Murah ke London, Mau? (Part 1)
Tempat parkir di dalam kereta

Sepeda, ini adalah kendaraan sejuta ummat! Penggunanya mulai dari Balita hingga Lansia. Kedekatan kita dengan sepeda selalu membuat  pengalaman-pengalaman baru dan seru. Sepakat?

Dahulu kala, saat masih kecil saya sangat ingin bisa bersepeda keliling dunia, walau dahulu rasanya mustahil, tapi jangan pernah meremehkan mimpi-mimpi kecil kita ya guys, jika kita yakin, bukan mustahil mimpi-mimpi itu akan menjadi nyata. Biiznillah.

Banyak negara yang memungkinkan kita untuk bersepeda dengan nyaman dan mewujudkan mimpi-mimpi kecil kita untuk bisa bersepeda di luar Indonesia. Salah satunya adalah London! Ya, Ibu Kota Inggris ini adalah salah satu primadona bagi para biker dan backpaker dunia, karena Inggris dikenal ramah pada pejalan kaki dan pengguna sepeda.

Untuk menekan biaya, salah satu tips yang harus dilakukan adalah hunting tiket jauh-jauh hari. Dari Birmingham ke London sebetulnya ada beberapa alternatif kendaraan dengan harga yang variatif.

Pertama dengan BUS! Hasil observasi saya, Bus Birmingham-London termurah adalah Mega Bus. Tiket untuk one way di hari weekdays mulai dari 4.75. Sedangkan Return mulai dari 12.

Setelah mega Bus, ada pula National Express dengan harga mulai dari 5 untuk one way dan 13 untuk return. Tapi jika menggunakan Bus, tidak semua sepeda bisa masuk bus, hanya sepeda-sepeda anak atau sepeda-sepeda lipat saja. Itupun harus diberikan pengaman atau koper sepeda, sebab dalam term and condition nya ; resiko ditanggung penumpang!

Kedua dan ini yang menurut saya paling recommended, karena lebih cepat tiba dan kita bisa bersama dengan sepeda kesayangan kita; kereta!

Untuk mendapatkan tiket termurah, perlu tips khusus dan kita perlu banyak bertanya kepada orang-orang yang sudah berpengalaman. Maka hal pertama yang bisa kita lakukan setelah bertanya-tanya pada senior adalah mulai membanding-bandingkan harga masing-masing penyedia layanan.

Perbandingan pertama, saya coba bandingkan harga tiket dari University of Birmingham ke London Euston, ternyata sekali jalan (one way) menelan biaya 15. Untuk return bisa mencapai 35.

Lalu saya kembali membandingkan harga jika saya berangkat dari Birmingham New Street. ternyata, harga untuk 1 tiket one way termurah adalah 7, namun begitu saya membeli return terkena harga 20.

Tiket Kereta
Tiket Kereta
Akhirnya saya mencoba mengubah cara pemesanan, yakni dengan memesan secara terpisah! Pertama saya memesan tiket berangkat, lalu tiket pulang. Dan akhirnya bisa mendapatkan harga yang ramah di kantong, yaitu 14 atau masing-masing 7 dengan menggunakan London Northwestern Railways.
Setelah dapat tiket, baiknya kita menghubungi
0333 311 0006 jika menggunakan London Northwestern Railways, untuk booking Bike Space.

Walaupun booking ini tidak wajib, sebab faktanya kita bisa duduk dimana saja, namun menurut saya booking Bike Space ini perlu, untuk jaga-jaga jika kondisi kereta sedang penuh, sehingga kita masih akan mendapatkan prioritas "parkir" Sepeda.

Perjalanan Birmingham-London dengan kereta memakan waktu sekitar 2 jam, namun uniknya kita bisa memilih kereta yang lebih dahulu tiba. Tiket kereta saya adalah pukul 14.54, saya mengambil jam ini karena di website ini adalah jam dengan harga tiket termurah, namun karena terbiasa tiba lebih awal, saya tiba di stasiun pukul 14.30.

Ternyata ada kereta ke London Euston yang telah stand by dan siap berangkat, seingat saya harga tiket kereta di jam ini berbeda. Namun saya iseng bertanya pada petugasnya  sambil memperlihatkan tiket saya. "Jam saya nanti, tapi apakah boleh saya naik sekarang? " Ternyata jawabannya diluar dugaan, ya boleh, silahkan masuk. Alhamdulillah

Perjalanan Birmingham-London Euston sekitar 2 jam, tapi tenang saja fasilitas Wi-Fi di kereta cukup baik, sehingga perjalanan tetap akan Teresa nyaman! Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x