Mohon tunggu...
Fahira Itsnaini
Fahira Itsnaini Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Wisata Sambil Belajar Batik

22 Mei 2019   23:49 Diperbarui: 22 Mei 2019   23:49 0 0 0 Mohon Tunggu...
Wisata Sambil Belajar Batik
dok pri

Wisata Edukasi adalah suatu perjalanan wisata yang memiliki nilai tambah edukasi, tidak sekedar berwisata, tetapi juga memiliki tujuan untuk menambah nilai-nilai edukasi atau pendidikan bagi wisatawan. Wisata edukasi sebuah kegiatan yang umumnya dilakukan oleh institusi pendidikan, seperti sekolah-sekolah maupun institusi pendidikan lainnnya.

Wisata edukasi atau wisata pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan dan kreatifitas peserta kegiatan wisata. Biasanya tujuan wisata edukasi adalah tempat-tempat yang memiliki nilai tambah sebagai sebuah area wisata, seperti kawasan perkebunan, kebun binatang, tempat penangkaran hewan langka, pusat-pusat penelitian dan lain sebagainya.Wisata edukasi yang akan dibahas kali ini adalah Museum Tekstil di Jakarta. Museum Tekstil Jakarta yang diresmikan pada tahun 1976 sebagai aksi nyata untuk melestarikan budaya tekstil Indonesia. 

Sebagai sebuah museum tekstil terbesar di Indonesia, museum ini mempunyai koleksi-koleksi yang terhitung banyak, yakni sekitar 1.000 buah. Keistimewaan museum ini terletak pada koleksi-koleksinya yang kebanyakan merupakan koleksi tekstil tradisional Indonesia. Koleksi-koleksi tersebut dikelompokkan dalam empat bagian, yakni koleksi kain tenun, koleksi kain batik, koleksi peralatan, dan koleksi campuran. 

Wisatawan yang berkunjung ke museum ini dapat menyaksikan aneka kain batik bermotif geometris sederhana hingga yang bermotif rumit, seperti batik Yogyakarta, Solo, Pekalongan, Cirebon, Palembang, Madura, dan Riau.

dok pri
dok pri
Museum ini tidak hanya sebagai tempat penyimpanan benda benda bersejarah saja, kini Museum Tekstil menjadi lembaga pendidikan kebudayaan. Hanya dengan Rp. 5.000 saja, Anda sudah bisa melihat lihat berbagai kain dari seluruh wilayah di Indonesia. 

Selain berkeliling di Museum Tekstil, di sini juga terdapat kegiatan menarik yaitu belajar membatik. Dengan tambahan biaya sebesar Rp. 40.000 untuk wisatawan domestic dan Rp. 75.000 untuk wisatawan mancanegara, semua alat dan bahan untuk mebuat batik sudah disiapkan. Di kelas ini, pengunjung akan diajarkan tahapan membatik dari membuat pola hingga pewarnaan kain.

dok pri
dok pri
Tunggu apalagi? Anda dapat mengisi liburan kali ini dengan membawa keluarga Anda ke Museum Tekstil. Museum Tekstil buka setiap hari kecuali hari senin dan hari libur nasional, dari jam sembilan pagi hingga jam tiga sore. Lokasi Museum ini tepatnya di Jl. Ks. Tubun No.2-4, RT.4/RW.2, Kota Bambu Sel., Kec. Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.