Mohon tunggu...
Silfi Fahima
Silfi Fahima Mohon Tunggu... Novelis - menulis, membaca dan bercerita

semua hal akan terasa lebih bermakna jika kita lakukan bersama dengan orang yang kita cinta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Penting Pengetahuan tentang Otak

3 Maret 2021   21:52 Diperbarui: 3 Maret 2021   22:54 74 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Penting Pengetahuan tentang Otak
alodokter.com

Pernah gak kita berpikir apa yang sudah menggerakkan kita untuk menyimpan semua pengetahuan yang kita dapat?

Pernah gak terlintas di pikiran kita sebenarnya apa yang sudah membuat kita bisa membedakan terkait pengetahuan yang sudah kita dapat?

Otak merupakan organ vital yang dimiliki oleh semua manusia. Otak merupakan organ pusat dalam pengendalian semua aktivitas organ tubuh pada seseorang. Tidak hanya organ tubuh namun juga aktivitas sehari-hari yang dilakukan oleh orang tersebut. 

Otak menjadi pusat berpikir sehingga secara otomatis akan memiliki fungsi sebagai pengendali atau pengatur semua perilaku yang dilakukan oleh seseorang. Di mana letak otak, pasti semua sudah mengetahui hal ini bukan?

Otak terletak pada tulang tengkorak manusia pada bagian kepala atas. Otak tersusun dari sejumlah jaringan dan keterhubungan syaraf dengan jumlah milyaran. 

Otak terlindungi oleh lapisan pembungkus atau selaput otak (meninges) dan tulang tengkorak yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Dan otak juga terhubung dengan saraf tulang belakang, keterhubungan ini yang akan memunculkan kemampuan manusia untuk melakukan berbagai aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari. Seperti: Berjalan, berbicara, bernapas, berlari, makan serta minum dan masih banyak kegiatan lain yang memang terpusat pada otak.

Otak memiliki 3 bagian utama, yakni :

Otak Besar (Cerebum), bagian ini merupakan bagian terbesar dari otak, sehingga memiliki dua belakan  bagian yakni otak kanan dan otak kiri. Otak kanan dan kiri dalam otak besar atau cerebum memiliki fungsi yang berbalikan.

Otak kanan berfungsi untuk mengatur dan mengontrol pergerakan di sisi kiri. Sedangkan otak kiri sebaliknya, yakni berfungsi untuk mengatur dan mengontrol pergerakan di sisi kanan.

Otak besar dibagi menjadi empat bagian, yakni :

  • Lobus Frontal (bagian depan)
  • Lobus Pariental (bagian atas)
  • Lobus Temporal (bagian samping)
  • Lobus Oksipital (bagian belakang)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN