Mohon tunggu...
Fadli Harisyah
Fadli Harisyah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Membaca, Bermain Musik, Treveling

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Berkeliling Wisata Sejarah di Sumedang

19 Oktober 2022   00:23 Diperbarui: 19 Oktober 2022   00:35 381
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jika sedang berkunjung ke Sumedang dan ingin mengunjungi wisata sejarah, ada dua rekomendasi destinasi sejarah yang harus dikunjungi, yaitu Tahura Palasari dan Gunung Kunci. 

Kedua destinasi ini menyimpan sejarah yang menarik untuk diketahui dan dengan alamnya yang masih asri akan membuat pengunjung menjadi nyaman apabila berkunjung ke destinasi tersebut. 

Destinasi wisata sejarah yang pertama ada Tahura Palasari. Tahura Palasari adalah salah satu destinasi wisata sejarah yang ada di Sumedang, tak hanya sejarahnya Tahura Palasari juga menjadi salah satu cagar budaya yang berada di wilayah Kabupaten Sumedang. 

Selain itu, Tahura Palasari juga menyajikan wisata alam dan beberapa atraksi, kita yang berkunjung bisa melihat benteng peninggalan penjajah, di destinasi ini juga terdapat 205 spesies flora.

Jenis flora yang terdapat di Tahura Palasari, yaitu pohon akasia, eboni, jati, pinus dan berbagai jenis flora lainnya. Lokasi Tahura Palasari ini berada di Kotakulon, Kec. Sumedang, Jawa Barat. 

Akses menuju destinasi ini agak sulit jika ingin memakai kendaraan umum, tapi jika ingin memasuki kawasan wisata ini tidak dipungut biaya atau gratis. Tempat destinasi ini cocok untuk didatangi dengan keluarga dengan suasana asri dan sejuk, tentunya benteng peninggalan penjajah ini masih terawat. 

Wisata sejarah selanjutnya yang ada di Sumedang, yaitu Tahura Gunung Kunci. Tahura Gunung Kunci ini berlokasi di Jalan Raya Bandung -- Cirebon kelurahan Kotakulon, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang. Jam operasional Gunung Kunci ini mulai dari jam 08.00 -- 16.30 dan harga tiket masuknya seharga Rp 3.000. 

Adapun fasilitas di Gunung Kunci, yaitu area parkir, toilet, gardu pandang,. Gunung Kunci ini memiliki sejarah yang cukup memilukan, terlihat dari bentuk goa benteng pertahanan yang masih terawat, benteng pertahanan ini dibangun pada tahun 1914 dan selesai pada 1917.

Jika ingin berkunjung ke destinasi ini, disarankan bersama teman -- teman agar ramai, selain sejarahnya kawasan wisata ini juga sangat asri dan sejuk karena banyak sekali pohon yang membuat suasana menjadi nyaman. 

Kedua destinasi tersebut sangat cocok jika ada wisatawan yang ingin mengetahui sejarah di Sumedang, yang tentunya akan menambah wawasan para wisatan yang berkunjung. Ayo! Berkunjung ke Tahura Palasari dan Gunung, Kunci berwisata sambil menambah wawasan adalah kegiatan menarik yang harus dilakukan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun