Mohon tunggu...
Muhammad Fadlillah Ashari
Muhammad Fadlillah Ashari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang Mahasiswa yang mempunyai ketertarikan besar pada sastra dan teknologi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Sosialisasi dan Pelatihan Sikat Gigi Pada Siswa-Siswi Kelas 1 dan 2 SD Negeri 01 Sempusari

21 Agustus 2022   21:10 Diperbarui: 21 Agustus 2022   21:48 181 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Disela waktu program utama KKN-Kolaboratif Perguruan Tinggi se-Jember yaitu pemutakhiran dan penataan data kemiskinan berbasis teknologi informasi dan komunikasi di Kabupaten Jember, Mahasiswa KKN-K kelompok 228 penempatan Kelurahan Sempusari melakukan kegiatan sosialisasi pentingnya menggosok gigi secara rutin dan cara menggosok gigi yang benar pada siswa-siswi Sekolah Dasar kelas 1 dan 2 di SDN Sempusari 01, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember. 

dokpri
dokpri

Pada kegiatan tersebut mahasiswa KKN-K kelompok 228 memaparkan betapa pentingnya membiasakan menyikat gigi setelah makan pagi dan malam hari sebelum tidur. Menyikat gigi adalah cara yang biasa dianjurkan untuk membersihkan kotoran bekas makanan pada permukaan gigi dan gusi sehingga penumpukan plak dapat dihindari. Terkait kesadaran anak dalam menjaga kebersihan mulut, anak-anak usia ini perlu bantuan dan motivasi dari orang tua atau orang dewasa yang lebih mengerti dalam membersihkan giginya. Anak-anak pada umumnya belum dapat menyikat gigi dengan baik dan efektif karena menyikat gigi itu tidak mudah terutama pada makanan yang lengket di gigi, serta sisa makanan yang berada pada permukaan gigi yang sulit dijangkau dengan sikat gigi. Maka dari itu mengajarkan siswa sejak dini untuk melatih pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dengan menyikat gigi secara baik dan benar pada siswa usia dini sangat diperlukan agar sisa makanan yang tertinggal dipermukaan gigi yang sulit dijangkau dengan sikat gigi bisa dibersihkan dengan mandiri.

dokpri
dokpri

Kebiasaan anak dalam menyikat gigi pada umumnya hanyalah bertujuan untuk menyegarkan mulut saja atau bahkan hanya rutinitas karena diperintah oleh orang tua, bukan karena mengerti bahwa hal tersebut baik untuk kesehatan gigi dan mulutnya. Sehingga anak cenderung menyikat gigi dengan semaunya sendiri tanpa mengerti bagaimana pentingnya menggosok gigi yang baik dan benar. Sementara tujuan menyikat gigi yaitu untuk mengghilangkan dan mencegah pembentukan plak serta membersihkan gigi dari sisa makanan, yang mana plak dan sisa makanan yang tertinggal dalam gigi merupakan faktor terjadinya lubang gigi.

dokpri
dokpri

Menyikat gigi adalah kegiatan menghilangkan plak pada gigi yang tujuannya untuk mencegah penumpukan plak sehingga penumpukan plak dapat dihindari. Pada kegiatan tersebut, para mahasiswa menganjurkan siswa-siswi kelas 1 dan 2 SDN Sempusari 01 untuk menyikat gigi minimal sehari cukup dua kali atau maksimal 3 kali sehari, yaitu setelah makan pagi dan malam hari sebelum tidur.

dokpri
dokpri

Sebagai hiburan untuk siswa-siswi kelas 1 dan 2 SD Negeri Sempusari 01, Mahasiswa KKN-K kelompok 228 menyediakan banyak hadiah hiburan supaya siswa bergembira dan dapat mengikuti kegiatan dengan suka cita.

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini merupakan kepedulian Mahasiswa KKN-K kelompok 228 Sempusari supaya anak-anak atau penerus Bangsa Indonesia khususnya anak Sempusari dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan kelak dapat berbakti luhur untuk negeri serta dapat menularkan kebaikan kepada generasi seterusnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan