Mohon tunggu...
Fadilah NurAmaliah
Fadilah NurAmaliah Mohon Tunggu... Mahasiswa IAIN JEMBER

Terus berkarya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Jenis-jenis Bahan Ajar Akidah Akhlak

20 Juni 2021   19:12 Diperbarui: 20 Juni 2021   19:20 18 1 0 Mohon Tunggu...

Nama : Fadila Nur Amalia

NIM : T20191077

Matkul : Pengembangan Bahan Ajar Akidah Akhlak

Dosen Pengampu : Bahrul Munib, SH.I.,M.Pd.I

Agama sebagai suatu aspek penting dalam kehidupan manusia yang mengarahkan manusia menuju jalan kebenaran. Aqidah akhlak sebagai suatu komponen pelajaran pendidikan agama islam bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik sebagai manusia yang berakhlaqul karimah sesuai dengan tuntunan nabi dan mencintai Al qura’an dan hadits. Selain itu, aqidah akhlak juga bertujuan untuk membentuk manusia yang beriman kepada Allah SWT, melakukan perintahNya , dan menjauhi laranganNya. Dalam pembelajaran terdapat bahan ajar. Bahan ajar merupakan seperangkat sarana yangberisikan materi pembelajaran, metode, cara mengevaluasi yang dibuat untuk membantu peserta didik dalam mencapai standart kompetensi. Bahan ajar berfungsi untuk memudahkan guru dalam menciptakan suatu proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Dalam pembuatan bahan ajar ada prinsip yang harus dipenuhi antara lain: penyusunan bahan ajar disesuaikan dengan kemampuan peserta didik, pengembangan bahan ajar dimulai dari hal yang mudah, memberikan pemahaman kepada siswa dalam pengembangan bahan ajar, mendorong keberhasilan pembelajaran menggunakan media bahan ajar, dan mengetahui serta melakukan evaluasi terhadap hasil pembelajaran. Penyampaian bahan ajar dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai strategi yaitu : strategi simultan, penyampaian suksesif, penyampaian fakta, penyampaian konsep, penyampaian materi pembelajaran, dan penyampaian prosedur. Sedangkan dalam memahami bahan ajar siswa melakukan teknik menghafal, mengaplikasikan, menemukan, dan memilih antara berbuat baik atau tidak.

Bahan ajar terdiri atas : bahan ajar berbasis cetak, bahan ajar berbasis audio, bahan ajar berbasis audiovisual, dan bahan ajar inspiratif. Buku merupakan bahan ajar wajib yang harus digunakan oleh guru dan siswa dalam proses belajar mengajar. Buku ajar yang baik harus memenuhi spesifikasi seperti : akrat, relevansi, komunikatif, dan lengkap, berorientasi atau memusatkan pada pelajar, berpihak pada ideology banga dan negara, menggunakan kaidah berbahasa yang benar dan terbaca.

VIDEO PILIHAN