Mohon tunggu...
Fadila Armani
Fadila Armani Mohon Tunggu... Pelajar Kls XI Bisnis Daring dan Pemasaran , SMKN 50 Jakarta

Fadila Armani Pelajar Kls XI Bisnis Daring dan Pemasaran SMKN 50 Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Kegiatan Keagamaan di SMKN 50 Jakarta

8 April 2020   06:20 Diperbarui: 8 April 2020   13:21 6 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan Keagamaan di SMKN 50 Jakarta
dok. SMKN 50 Jakarta

Pendidikan karakter merupakan faktor penting untuk kualitas sumber daya manusia, karakter yang berkualitas yang dimiliki setiap sumber daya manusia akan menentukan kemajuan suatu bangsa. Untuk itu pendidikan karakter perlu ditanamkan sejak sedini mungkin oleh orang tua. 

Karena dengan karakter yang baik maka akan berdampak pada hal hal yang ingin kita lakukan, kalau karakter kita baik maka kita dapat melakukan hal-hal yang baik dan benar sehingga kita bisa menuju kesuksesan hidup. Namun, jika kita memiliki karakter yang buruk maka kita dapat di tidak disenangi orang lain dan tidak dihormati orang lain.

Pendidikan karakter dapat di lakukan dengan memperbanyak kegiatan keagamaan seperti mengikuti kegiatan keagamaan disekolah. Secara umum kegiatan keagamaan tersebut menyangkut segala kegiatan yang mengandung nilai-nilai religius agar siswa dapat meningkatkan keimanannya kepada Allah SWT dan kegiatan keagamaan ini bertujuan untuk mempertebal keyakinan seseorang kepada Allah SWT, serta menumbuhkan nilai-nilai akhlak yang mulia dalam kehidupan sehari-hari agar siswa dapat memiliki akhlak yang bagus dalam kehidupan sehari-hari sehingga siswa menjadi anak anak yang sholeh dan sholehah.

dok. SMKN 50 Jakarta
dok. SMKN 50 Jakarta
SMKN 50 Jakarta mempunyai kegiatan rutin yang selalu dilakukan setiap 2 minggu sekali, tepatnya hari jumat diadakannya kegiatan rutin keagamaan ini. Kegiatan keagamaan ini disebut Pembinaan Akhlak. Pembinaan Akhlak dilakukan setelah bel masuk sekolah, seluruh siswa SMKN 50 Jakarta dihimbau untuk turun ke lapangan dan duduk di terpal yang sudah disediakan. Kegiatan Pembinaan akhlak ini berisi kegiatan membaca Alquran setelah itu mendengarkan ceramah dari siswa yang ingin maju/ditunjuk maju untuk ceramah ataupun ceramah yang diberikan guru.

Pembacaan surah Alquran kira-kira 15 menit, contoh surah yang sering dibaca saat pembinaan akhlak seperti Surah AlKahfi dan Surah AlMulk. Setelah pembacaan ayat suci Alquran, kegiatan selanjutnya mendengarkan ceramah dari siswa atau guru. Ceramah ini berisi memotivasi dan menginspirasi siswa agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kemudian, setelah ceramah selesai disampaikan, para siswa kembali ke kelas untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar. 

Kegiatan Pembinaan Akhlak ini sangat dibutuhkan untuk siswa karena siswa tidak hanya perlu pintar tetepi siswa juga harus memiliki akhlak yang baik dan mulia agar kecerdasan dan sikapnya seimbang. Jangan sampai siswa mempunyai akhlak dan sikap yang tidak baik. Karena siswa yang terpelajar harus memiliki karakter yang baik dan bagus.

Gimana keren bangett kan SMKN 50 Jakarta ada kegiatan keagamaannya yang dapat membangun karakter siswa menjadi lebih baik lagi dari hari-hari sebelumnya.

VIDEO PILIHAN