Mohon tunggu...
Fadia Haya Safitri
Fadia Haya Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknologi Hasil Perikanan

Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kembangkan Olahan Nugget Ikan Lele sebagai Peluang Bisnis serta Penjaga Imun di Masa Pandemi

30 Juli 2021   08:07 Diperbarui: 30 Juli 2021   08:26 38 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kembangkan Olahan Nugget Ikan Lele sebagai Peluang Bisnis serta Penjaga Imun di Masa Pandemi
Nugget Ikan Lele, dokpri

Tembalang, Kota Semarang (23/01) - Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar terhadap perekonomian warga. Kesenjangan ekonomi selama pandemi mengakibatkan kurangnya pendapatan warga terutama di Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Semarang. "Memang ada warga yang kerjanya pasti seperti PNS, namun tidak memungkiri warga bekerja serabutan sangat menurun pendapatannya," kata Sutrisno selaku Ketua RT 05 RW 04 Kelurahan Kramas.

Dampak lainnya yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 adalah kurangnya kebutuhan nutrisi tambahan sebagai penambah imunitas alami pada tubuh manusia. Pembatasan serta penutupan toko membuat warga kesulitan untuk mendapatkan bahan makanan dan mengandalkan bahan pangan yang dijual oleh pedagang keliling serta sisa pangan di rumah.

Sosialisasi pembuatan pangan olahan berupa nugget ikan lele dapat dijadikan alternatif untuk membantu perekonomian warga. Ikan lele dapat dengan mudah ditemukan di lingkungan sekitar sehingga dengan mudah dijadikan peluang bisnis yang mumpuni di masa pandemi. Produk nugget ikan lele mudah diolah dan juga dipasarkan secara online karena mengingat teknologi yang berkembang serta dapat dijadikan usaha mudah untuk meningkatkan kekebalan pada tubuh.

Proses Pembuatan Nugget Ikan Lele, dokpri
Proses Pembuatan Nugget Ikan Lele, dokpri

Sosialisasi peluang usaha produk nugget ikan lele dilakukan dengan Ibu-Ibu RT 05 RW 04 Kelurahan Kramas dengan menggunakan aplikasi WhatsApp mengingat adanya pelarangan kerumunan selama pandemi. Produk nugget ikan lele diolah serta disajikan kepada warga dalam bentuk video dengan tatanan yang menarik. Ketua RT 05 RW 04 yaitu Bapak Sutrisno membantu dan melancarkan kegiatan sosialisasi produk nugget ikan lele kepada warga secara online dengan harapan peningkatan perekonomian bisa terus berjalan selama pandemi.

Penulis : Fadia Haya Safitri -- Mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

Dosen Pendamping : Dr. Naniek Utami Handayani, S.Si., MT

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN