Humaniora Pilihan

Tips Agar Tidak Mudah Malas Saat Belajar

16 April 2018   23:57 Diperbarui: 16 April 2018   23:55 501 0 0
Tips Agar Tidak Mudah Malas Saat Belajar
newhealthadvisor.com

Belajar adalah hal wajib yang dilakukan oleh setiap orang, terutama bagi yang menyandang status pelajar dan juga pendidik. Memang sejatinya belajar haruslah dilakukan secara terus menerus dalam hidup. Jadi selagi masih hidup, manusia akan terus menerus belajar, baik belajar secara kontekstual maupun belajar mealui keadaan lingkungan sekitar.

Didalam proses belajar tersebut, tentunya tidaklah berjalan dengan mulus begitu saja, melainkan akan terjadi beberapa hambatan. Salah satu hambatan belajar yang paling besar pengaruhnya terhadap proses belajar adalah malas. Sifat satu ini yang hampir dimiliki oleh setiap individu, dan pengaruhnya sangatlah signifkan dalam merusak segala perencanaan dan proses dalam semua kegiatan.

Belajar adalah menuntut ilmu, dalam menuntut ilmu memng pastilah dikelilingi oleh cobaan cobaan besar semacam malas yang berakibat pada mengantuk, terabaikannya semua hal, menumpuknya pekerjaan, dan lain lain.

Namun tdak serta merta sifat malas dapat kita nikmati begitu saja, saat malas datang pada waktu belajar kita dapat melawannya dengan beberapa tips dibawah ini

Menyiapkan beberapa snack untuk menemani belajar

Supaya saat sedang belajar tidak terlalu tegang, tidak masalah jika menyiapkan beberapa snack favorit untuk menemani dalam kegiatan belajar. Pada tipe beberapa orang, mereka suka untuk mengonsumsi snack terutama snack yang pedas untuk menambah adrenalin dan rasa semangat untuk belajar

Mengganti posisi dan kebiasaan belajar menjadi lain dari biasanya

Sering dirasa bosan, jika tempat kita belajar hanya terpaku pada meja, atau lesehan dibawah, atau bahkan diatas kasur saja. Silahkan ubah posisi belajar menjad berbeda dari biasanya. Sebab, dengan suasana baru akan terbentuk semangat baru dan kemauan yang tinggi untuk belajar lebih lagi

Menjanjikan sesuatu hal pada diri sendiri jika telah usai belajar

Alternatif ini dapat digunakan jika dalam proses belajar ditemukan kejenuhan sebab tugas atau hal yang dipelajari sangatlah banyak. Hal ini dapat dilakuakn dengan cara, setiap selesai beberapa persen, dapat dijanjikan pada diri sendiri untuk boleh menonton film kesukaan atau janji janji lain yang dapat memacu diri untuk semnagt menyelesaikan belajar.

Belajar secara berkelompok

Jika belajar secara individu dirasa membosankan dan kurang menarik, dapat mengunakan proses belajar secara berkelompok. Selain belajar kelompok merupakan kegiatan pembelajaran yang interaktif, belajar berkelompok juga dapat lebih mudah memahamkan individu terhadap suatu materi. Sebab, jika pembelajaran terjadi antara teman sebaya, dengan saling bertukar fikiran dan lain sebagainya, maka akan lebih mudah dicerna oleh fikiran

Mendengarkan musik

Sebagian orang dengan tipe belajar tertentu, tdak akan bisa belajar jika tanpa mendengarkan musik. Oleh karena itu jika anda termasuk golongan tersebut, maka lebih baik jika selalu siap sedia musik di handphone supaya ketika sedang bosan dalam belajar, dapat ditemani dengan alunan musik musik favorit anda.

Menggunakan bulpoint berwarna warni

Jika pada orang tertentu yang seang belajar dengan cara membaca teks narasi, ataupun menuls kembali  materi belajar, supaya tdak timbul rasa monotan dalam belajar, maka dapat menggunakan bulpoint warna-warni pada materi yang dtulis, atau jika tidak seperti itu dapat diselipkan beberapa gambar gambar ilustrasi sesuai dengan apa yang biasaya menjadi favorit anda, agar saat belajar dapt lebih mudah diingat dan menyenangka tentunya.

Diatas merupakan beberapa tips agar tidak mudah merasa malas saat belajar, memang wajar timbul rasa malas, akan tetapi jangan mau dikalahkan oleh malas, harus tetap semangat dalam belajar dan menuntut ilmu.

Banyak sekali hal hal lain yang dapat menumbuhkan semangat dalam diri untuk belajar. Yang paling penting yaitu senantiasa mengingat orang tua yang telah berjuang menyekolahkan dan mendidik kita, jangan biarkan keduaorangtua kecewa dengan apa yang kita lakukan. Terus lakukan hal hal kecil dimulai dari memerangi rasa malas, agar satu aat dapat lahir menjadi hal yang bear yaitu kesuksesan.