Mohon tunggu...
fadhlullahil adhim
fadhlullahil adhim Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa semester akhir jurusan Teknik Informatika

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Ketahuilah, Ini Kode Etik Programmer Sebelum Membangun Bisnis di Bidang IT

29 November 2019   22:07 Diperbarui: 29 November 2019   22:22 194 0 0 Mohon Tunggu...

Etika merupakan sekumpulan norma atau aturan yang berkenaan dengan akhlak tata cara sebagai pedoman dalam berperilaku di masyarakat bagi seseorang terkait dengan sifat baik maupun buruk.

Pendapat lain menyebutkan pengertian etika adalah ilmu yang mengajarkan tentang kesusilaan dan perilaku manusia dalam lingkup pergaulannya dengan sesama yang menyangkut aturan, tata cara, tingkah laku yang benar. Setiap individu memiliki tanggung jawab dan kewajiban menjalankan etika dalam berperilaku di dalam masyarakat.

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat membuat orang memilih bisnis di bidang teknologi informasi karena di era yang saat ini semuanya serba digital.

Banyak hal  menggiurkan untuk dapat sukses di dalam bidang teknologi informasi namun juga tidak cukup hanya mengandalkan ilmu pengetahuan dan teknologi, setiap individu yang akan membangun bisnis di bidang ini juga harus paham mendalam ilmu tentang etika bisnis.

Penemuan ahli yang mengatakan bahwa teknologi mengambil alih fungsi mental manusia pada saat yang sama terjadi kerugian yang di akibatkan hilangnya fungsi dari kerja mental manusia, perubahan yang terjadi pada cara berfikir manusia sebagai akibat dari pengaruh terhadap pelaksanaan dan cara pandang dalam menjalankan etika dalam norma kehidupan.

Dalam beberapa aspek teknologi informasi ada kaitannya dengan etika profesi, terutama dalam memahami dan menghormati budaya kerja, memahami profesi dan jabatan, memahami aturan-aturan di perusahaan, organisasi dan hukum.

Etika profesi yang harus di pahami dalam bidang teknologi informasi adalah kode etik yang juga sering dikenal netiket, di mana aturan yang mengharuskan pengguna untuk memilih aplikasi perangkat lunak (software) yang sah/legal, karena software yang mereka gunakan selalu memiliki aturan penggunaan atau dikenal juga dengan license agreement.

Dalam dunia bisnis etika sangat diperlukan untuk melakukan, mengelola sebuah bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan perusahaan, individu juga masyarakat sekitar.

Etika bisnis memiliki tujuan untuk mendorong kesadaran moral dan memberikan batasan-batasan bagi para pelaku bisnis dalam membangun hubungan yang adil dan tidak melakukan penipuan yang dapat merugikan pihak yang terkait seperti mitra bisnis, pemegang saham, masyarakat.

Dengan etika bisnis yang baik, para pelaku bisnis dapat mewujudkan citra dan manajemen bisnis yang baik, sehingga bisa mendapatkan kepercayaan dari semua pihak terkait.

Masalah etika bisnis akhir-akhir ini semakin banyak dibicarakan hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya dunia digital yang makin merebak baik di dalam maupun di luar negeri telah menimbulkan tantangan baru, yaitu adanya inovasi dan perubahan yang selalu terjadi serta lapangan kerja yang semakin sedikit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN