Mohon tunggu...
Fadhli Auliansyah
Fadhli Auliansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa Undip

Semua manusia memiliki pandangan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswi Kimia UNDIP Berinisiatif Membuat Tutorial Hand sanitizer Aloevera

24 Januari 2021   23:23 Diperbarui: 24 Januari 2021   23:30 160 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswi Kimia UNDIP Berinisiatif Membuat Tutorial Hand sanitizer Aloevera
Hand Sanitizer Aloevera Buatan Mahasiswa Kimia UNDIP

Semarang (24/1) -- Meningkatnya kasus corona yang tejadi di Semarang menjadi perhatian khusus bagi masyarakatnya. Dilansir dari laman https://siagacorona.semarangkota.go.id/ kasus postif Corona,  update terakhir pada Sabtu 23 Januari 2021 total kasus terkonfirmasi mencapai angka 25.690. Dengan rincian 881 kasus masih menjalani perawatan, 629 dari dalam Kota Semarang, dan 252 berasal dari luar Kota Semarang. Pasien sembuh mencapai 22.765 dan meninggal sebanyak 2.044 kasus.

Kondisi yang semakin hari semakin mengkhawtirkan menyebabkan masyrakat harus selalu dituntut untuk melaksanakan protokol Kesehatan sesuai anjuran dari pemerintah. Masyarakat harus diwajibkan memakai masker lalu menjaga jarak dan mencuci tangan. Masih banyaknya masyrakat yang terpaksa keluar rumah untuk beraktifitas mengharuskan untuk selalu menjaga kebersihannya salah satunya adalah tangan. Sumber penyebaran yang dapat mempengaruhi berpindahnya virus dari satu tempat ke tempat lain berasal dari tangan, sehingga masyarakat diharuskan untuk selalu mencuci tangan menggunakan air. Namun, apabila kita berada di luar rumah, pastinya sumber air pastilah tidak mudah, salah satu solusi untuk tetap menjaga kebersihan tangan dengan menggunakan  hand sanitizer.

Melalu program KKN UNDIP Tahun 2021, Mahasiswi dari Fakultas Kimia bernama Nabela Eka Devi Savitri memberikan tutorial cara membuat Hand Sanitizer dari Aloevera. Dalam videonya, tertera berbagai tahapan dari bahan yang harus disiapkan, cara pembuatannya hingga contoh pengemasan. Melalui pembuatan video tutorial yang dibuatnya, mampu mengefisiensikan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat sekitar khususnya warga Rt.004 / 003 Kelurahan Bangetayu Wetan, Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Mengingat kondisi pandemik, mengakibatkan sulitnya pertemuan warga secara tatap muka, sehingga perlu cara lain agar masyarakat dapat mengetahui bagaimana cara pembuatan hand sanitizer. Memanfaatkan teknologi yang ada, video tutorial pembuatan Handsinitizer disebarkan melalui media sosial salah satu media yang efektif melalui aplikasi whats app. Penyebaran video hanya memanfaat grup chat warga Rt.004, sehingga video tersebut dapat dilihat langsung oleh warganya.

Penyerahan Hand Sanitizer Gratis Kepada Warga Sekitar
Penyerahan Hand Sanitizer Gratis Kepada Warga Sekitar

Menurut salah satu warga Rt.004 Kelurahan Bengatayu Wetan mengapresiasi adanya inisiatif dari salah satu mahasiswi dari Universitas Diponegoro yang juga warganya memberikan video tutorial tersebut. Selain penyampaian yang sederhana, tutorial ini juga mengajarkan cara pengemasan hand sanitizer yang baik, sehingga dapat memberikan alternatif kemasyarakat untuk mengembangkan hand sinitizer ini menjadi nilai ekonomis yang bisa untuk jual.

Tak hanya memberikan video tutorial nya saja, namun hasil pembuatan hand sanitizer yang dibuat langsung oleh Nabela juga dibagikan kepada masyarakat Rt.004 secara cuma cuma. Melalui program ini, diharapkan masyarakat mampu menciptakan hand sanitizer yang ramah dan murah. Tak hanya digunakan untuk pribadi namun bisa menjadi peluang bisnis ditengah pandemik yang kian hari kian mengkhawatirkan.


VIDEO PILIHAN