Mohon tunggu...
Fadhil Ismail P
Fadhil Ismail P Mohon Tunggu... Hanya seorang penggemar Kereta

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga - 20107030067

Selanjutnya

Tutup

Transportasi Pilihan

Jenis Kelas Kereta Api di Indonesia

4 April 2021   06:00 Diperbarui: 4 April 2021   10:48 258 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jenis Kelas Kereta Api di Indonesia
Dok. pribadi

1. Kereta Ekonomi (Pso/non Pso/Lokal)

flickr.com
flickr.com
 Kereta kelas Ekonomi ini adalah kereta kelas terendah dari kereta api indonesia yang menggunakan livery  selendang pecut, serta pintu berwarna orange. Kereta kelas ekonomi ini memiliki kapasitas 106 penumpang dengan susunan tempat duduk 3-2.  Fasilitas yang didapatkan dalam kereta kelas ekonomi ini seperti AC, Bagasi, Stop kontak dan Toilet.

2. Kereta Ekonomi Kemenhub

pegipegi.com
pegipegi.com
Kereta ekonomi ini diproduksi oleh PT INKA Madiun dan merupakan kereta kerjasama antara PT KAI dengan Departemen Perhubungan Republik Indonesia. Kapasitas kelas ekonomi ini adalah  80 penumpang dengan susunan tempat duduk berhadapan 2-2.  ciri khas kelas ini yaitu menggunakan pintu "kupu-kupu". livery pada awalnya berwarna biru muda bermotif gelombang warna biru tua dengan logo Kemenhub dan tulisan ekonomi. Namun, Sekarang rangkaian kereta ini telah mengikuti livery selendang pecut.

3. Kereta Ekonomi New Image (2016)

Genpi.co
Genpi.co
Pada tahun 2016, PT Kereta Api Indonesia meluncurkan rangkaian kereta ekonomi produksi 2016 yang "memiliki kenyamanan dan keeleganan seperti kelas eksekutif".  Kereta tersebut memiliki fasilitas AC, televisi, bagasi, stop kontak, temapat minum dan toilet.  kelas ini  memiliki kapasitas 80 penumpang dengan susunan  tempat duduk 2-2.

Karakteristik dari ekonomi new image  yaitu terdapat  kaca panorama, tempat duduk yang menghadap ke tengah rangkaian (sehingga saling berhadapan di nomer 11 dan 12) , jarak antar tempat duduknya bisa dibilang lumyan sempit daripada gerbong kereta yang lain.

4. Kereta Ekonomi Premium (2017)

tribunnews.com
tribunnews.com
Kelas Ekonomi Premium merupakan generasi kelas ekonomi terbaru PT Kereta Api Indonesia. Kereta ini merupakan kereta hasil produksi PT INKA Madiun, serta memiliki dimensi dan karakteristik tempat duduk yang sama seperti kereta api ekonomi plus new image 2016, yakni 40 tempat duduk menghadap ke depan, 40 lainnya ke belakang, sehingga memusat.

Perbedaan yang ada meliputi tempat duduk yang memiliki tuas reclining ,  besi di bawah kursi dihilangkan agar kaki terasa nyaman saat menapaki lantai, televisi, serta adanya lampu baca. Kereta ini dulunya menggunakan livery yang berbeda, yakni strip berwarna merah-kuning-merah dengan ornamen bunga teratai dan logo PT KAI di tengahnya. Namun saat ini, livery kelas premium 2017 sudah disamakan seperti ekonomi premuim 2018 yaitu pita orange.

5. Kereta Ekonomi Premium (2018)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x