Mohon tunggu...
Fadhil Dwi Pangestu
Fadhil Dwi Pangestu Mohon Tunggu... Ilmu komunikasi UNISMA Bekasi

Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Karir

Alasan Pentingnya Proses Magang bagi Mahasiswa

1 Desember 2019   19:29 Diperbarui: 1 Desember 2019   19:26 0 0 0 Mohon Tunggu...

Apa sih pentingnya magang? apa sih magang itu? dan kenapa harus magang?. Beberapa pertanyaan itu pastinya sering muncul dalam benak para mahasiswa. Magang merupakan salah satu syarat wajib mahasiswa untuk lulus dalam masa perkuliahan dan mendapat gelar sarjana. tuntutan dunia kerja yang semakin tinggi yang menyebabkan magang menjadi salah satu proses yang sangat penting.

Magang merupakan bagian dari pelatihan kerja, biasanya dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir sebagai salah satu syarat utama dalam menyelesaikan pendidikan. Dimana magang itu sendiri berfungsi sebagai pelatihan bagi mahasiswa dalam dunia kerja sehingga bisa merasakan dan mempraktekkan ilmu - ilmu yang didapat dalam bangku perkuliahan.

Berbicara masalah magang, biasanya mahasiswa mencari sendiri perusahaan yang akan ia tuju untuk program magang tersebut. Tapi disini Universitas Islam 45 (UNISMA) Bekasi sadar akan hal tersebut. UNISMA melakukan kerja sama ke berbagai perusahaan guna memudahkan mahasiswanya dalam melaksanakan program magangnya. Bukan hanya untuk magang, disini juga UNISMA sekaligus memberdayakan para alumni yang ingin berkarir di perusahaan tersebut.

Bertempat di Gedung Rektorat Lt.III, UNISMA Bekasi jalin kerjasama dengan pihak industri Bekasi. Kali ini UNISMA bekerjasama dengan Hotel Santika Premium Harapan Indah. isi dari kerjasama ini ialah penandatanganan MoU antara UNISMA dengan Hotel Santika di bidang Pemberdayaan Alumni, tepatnya mengenai Program Magang.

Harapannya ialah melalui kerjasama ini bisa memberikan kesempatan dan kemudahan kepada mahasiswa agar bisa merasakan dunia kerja yang sesungguhnya dan sebagai jembatan antara kampus dengan pihak industri.

"Saya rasa program ini bagus, mahasiswa bisa langsung mempraktekkan ilmu yang didapat dari kelas perkuliahan. Kemudian, dari hasil laporan lapangan mahasiswa nantinya juga bisa jadi masukan bagi penyelenggaraan pendidikan yang lebih baik," tutur Warek bidang III Ilyas Sikki.

Pada kerjasama ini, Hotel Santika Premium Harapan Indah membuka dua lowongan di dua bidang divisi, yaitu staff dan instruktur di fasilitas dan kantor Hotel Santika.

setelah sukses melakukan kerja sama dengan Hotel Santika Premium Harapan Indah, UNISMA kembali melakukan kerja sama dengan PT. Sanmada Mega Indonesia. Sanmada Mega Indonesia merupakan Perusahaan IT dan Software House yang bisnisnya meliputi : IT Solution, Risk and Product management, Strategic Planning and Development,Business Acquisitions or Disposals, dan Business Expansion Schemes.

Bermula dari perbincangan bersama Alumni Teknik Komputer UNISMA Bekasi membahas peluang bisnis dan investasi bisnis serta pemberdayaan SDM muda. " kita harus berani dalam mengambil tantangan khususnya di bisnis dunia IT, karena semakin pesatnya kebutuhan Perangkat Lunak untuk menunjang rutinitas pekerjaan sehingga pekerjaan dapat terselesaikan dengan efisien dan terprosedur" kata Edi Suwoto Alumni Teknik Komputer UNISMA Bekasi Angkatan 2000 yang sekarang sebagai Investor IT Di PT. Sanmada Mega Indonesia.

Unisma Bekasi melalui kantor Kerjasamanya dan di dampingi oleh Dekan Fakultas Teknik UNISMA Bekasi Bapak Sugeng, ST., MT berkesempatan untuk hadir dalam peresmian kantor pusat baru PT. Sanmada Mega Indonesia di Wisma BNI 46 Jakarta. Diacara tersebut UNISMA Bekasi dan PT. Sanmada Mega Indonesia melakukan penandatanganan MoU dan MoA Kerjasama dalam Bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) Khususnya bagi para Alumni ataupun Mahasiswa UNISMA Bekasi yang berkeinginan untuk berkarir ataupun magang di PT. Sanmada Mega Indonesia.

Dalam kontrak kerja sama antara UNISMA dengan pihak industri bekasi diatas, menunujukkan keseriusan UNISMA dalam hal pemberdayaan SDM yang mereka hasilkan yang nantinya juga akan membantu generasi - generasi yang akan datang. UNISMA disini benar - benar mengerti akan kegundahan yang dirasakan mahasiswanya ketika akan melakukan program magang dan juga ketika lulus.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x