fadhila Meilani
fadhila Meilani Foto/Videografer

Write ur opinion!

Selanjutnya

Tutup

Karir

Maulana Yudha Nugraha Pelopor Micro Green di Sukabumi

16 Mei 2019   02:56 Diperbarui: 16 Mei 2019   03:09 9 1 0
Maulana Yudha Nugraha Pelopor Micro Green di Sukabumi
Micro green milik Yudha/Dokpri

Maulana Yudha Nugraha atau akrab dipanggil Yudha adalah pria kelahiran sukabumi empat November 1988. Ia merupakan lulusan salah satu universitas di Sukabumi dengan jurusan pertanian. Kecintaannya pada dunia pertanian menjadikannya pembisnis yang sukses di daerah Sukabumi. Seperti perikanan, sistem hidroponik dan budidaya holtikultura sistem konvensional ditambah Yudha merupakan pelopor micro green yang ada di Sukabumi.

Micro Green adalah sayuran yang di panen pada usia yang sangat belia, berkisar tujuh hingga empat belas hari setelah semai. Dimana sayuran ini mengandung semua nutrisi yang ada di dalamnya. Micro green kaya akan nutrisi , sumber terbaik dari enzim, tinggi protein, mudah untuk dicerna dan baik untuk penurunan berat badan karena kaya akan serat dan rendah kalori.

Micro green juga bebas dari pestisida, kandungan yang ada didalamnya bisa 40 kali lipat lebih baik dari pada sayuran yang dipanen pada umumnya. Selain itu, sadarnya masyarakat akan kandungan gizi didalamnya menjadikan Yudha semakin mantap dalam mengembangkan bisnis Micro Green tersebut.

Berkat kecintaannya dengan dunia pertanian, kini Yudha dinobatkan sebagai pelopor Micro Green yang ada di Sukabumi sejak tahun 2018 lalu. Yudha juga aktif dalam memberikan pelatihan kepada Ibu-Ibu KWT (kelompok wanita tani) Kota Sukabumi. Hasil dari Micro Green yang Yudha buat telah dipasarkan kebeberapa tempat di Sukabumi dan selalu mendapat pesanan dari kedinasan dan universitas di Sukabumi.

Adapun tumbuhan micro green yang sering Yudha seperti bayam, seledri, pakchoi dan masih banyak lagi. Selain untuk dikonsumsi, Yudha sering menerima pesanan micro green untuk dijadikan hiasan. Teknisnya, micro green ditanam dengan bentuk dan warna yang disesuaikan. Sehingga ketika micro green sudah berusia 14 hari, micro green terlihat sangat cantik.

Micro green menjadi bisnis yang menyehatkan untuk banyak orang. Kini sudah banyak masyarakat yang sadar akan khasiatnya, selain menyehatkan, micro green juga dapat dijadikan sebagi menu diet.