Mohon tunggu...
Fadhilah Indrianto
Fadhilah Indrianto Mohon Tunggu... Mahasiswa - saya seorang mahasiswa feb untan

orang pontianak kuliah di FEB UNTAN anggota UKM Seni Oikosnomos

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Menghadapi Kemiskinan

6 Desember 2023   10:46 Diperbarui: 6 Desember 2023   10:55 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Banyak orang di seluruh dunia menghadapi kemiskinan. Ini memengaruhi banyak aspek kehidupan, seperti kesehatan, pendidikan, dan kualitas hidup, bukan hanya masalah finansial. Sebuah pendekatan yang holistik dan berkelanjutan diperlukan untuk memerangi kemiskinan. Untuk mengatasi kemiskinan, berikut adalah beberapa tindakan yang dapat diambil:

1. Pendidikan Sebagai Pondasi

Pendidikan memainkan peran penting dalam memerangi kemiskinan karena mendapatkan pendidikan yang layak membuka pintu untuk pekerjaan yang lebih baik dan gaji yang lebih besar. Program pendidikan yang terjangkau dan berkualitas tinggi adalah langkah penting dalam mengeluarkan seseorang dari lingkaran kemiskinan.

2. Akses Terhadap Kesempatan Kerja

Untuk mengurangi tingkat pengangguran dan memberikan kesempatan lebih banyak kepada mereka yang terpinggirkan secara ekonomi, kebijakan yang mendukung pembukaan lapangan kerja dan pelatihan keterampilan yang sesuai dengan permintaan pasar sangat penting.

3. Pengembangan Keterampilan dan Kewirausahaan

Salah satu cara untuk keluar dari kemiskinan adalah dengan memberi masyarakat keterampilan yang diperlukan untuk memulai usaha kecil atau usaha mandiri lainnya. Program pelatihan kewirausahaan dan akses ke modal usaha adalah komponen penting dalam memberikan kesempatan kepada orang untuk mengambil alih kendali atas kehidupan finansial mereka.

4. Akses Terhadap Layanan Kesehatan

Biaya layanan kesehatan yang tinggi dapat menjadi tantangan besar bagi keluarga yang hidup dalam kemiskinan. Akses terhadap perawatan medis yang terjangkau dan program perlindungan kesehatan sangat penting untuk mencegah kemiskinan.

5. Penguatan Jaringan Pengaman Sosial

Untuk membantu orang yang terpinggirkan secara ekonomi bertahan hidup, sistem jaringan pengaman sosial seperti program bantuan sosial, tunjangan pengangguran, dan bantuan makanan sangat penting. Program-program ini harus dirancang dengan baik sehingga mereka dapat membantu orang-orang yang kurang beruntung tanpa membuat mereka tergantung pada mereka untuk waktu yang lama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun