Mohon tunggu...
Fadhila rachma
Fadhila rachma Mohon Tunggu... Lainnya - -

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Visi dan Misi Dalam Organisasi

13 Agustus 2021   16:07 Diperbarui: 13 Agustus 2021   16:13 69 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Pernahkah Anda berfikir jika di dalam suatu organisasi tidak mempunyai visi dan misi? Tentu saja organisasi yang tidak mempunyai visi dan misi tidak dapat mencapai tujuan organisasi dengan baik, karena dengan mempunyai visi dan misi yang jelas suatu organisasi dapat meraih tujuan organisasinya. 

Pemimpin membutuhkan visi dan misi yang akan ditetapkan guna mencapai tujuan organisasi, yang kemudian disosialisasikan kepada seluruh pengikutnya, agar bersama-sama dapat mencapai tujuan organisasi sesuai apa yang diharapkan. Pemimpin sebagai sosok yang memberikan pengaruh kepada pengikutnya harus dapat menempatkan masing-masing tugas pengikutnya yang sesuai dengan kemampuan pengikutnya. Lantas apa perbedaan visi dan misi? Apakah visi dan misi sangat penting di dalam suatu organisasi?

Menurut (Ir Hendro 2011) dalam penelitian yang dilakukan oleh (Djaka Suryadi 2012), beliau mengemukakan bahwa visi merupakan suatu tujuan, keinginan atau angan-angan (gambaran) masa depan individu atau institusi yang dibangun, dipilih, dan dibesarkan pada suatu saat nanti (terdapat time frame). Beliau juga mengatakan bahwa sebuah visi yang akan dibuat untuk suatu organisasi harus mencakup beberapa unsur-unsur ideal diantaranya: sederhana, terukur, terjangkau, beralasan, dan ambisius.

Sedangkan pengertian dari misi menurut (Daft 2018: 407) adalah tujuan luas inti organisasi dan alasan keberadaannya. Menurut (Djaka Suryadi 2012), misi yang akan pemimpin organisasi tetapkan akan efektif apabila bersifat seperti berikut ini: ringkas dan jelas, unik, fleksibel, dan memberikan inspirasi. Beliau juga mengemukakan bahwa di dalam organisasi harus menetapkan visi dan misinya yang dipahami, dimengerti, dan dapat dijalankan oleh pengikutnya. 

Dimaksudkan agar visi dan misi yang telah ditetapkan tersebut merupakan guide line dalam menjalankan kegiatan organisasinya sehingga tercipta kesatuan pola pikir yang sama dari seluruh pengikutnya di dalam organisasi, sehingga tujuan organisasi dapat tercapai dengan baik dan lancar sesuai dengan apa yang diharapkan dengan maksimal. Di dalam organisasi hendaknya visi dan misi menggunakan bahasa yang mudah dipahami, sederhana, ringkas dan jelas agar organisasi tersebut dapat mencapai hasil yang maksimal.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan