Mohon tunggu...
fachrur rozi
fachrur rozi Mohon Tunggu... Montir - from cilacap

Lakukan yang terbaik

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Pasrah tapi Bukan Menyerah

24 Oktober 2020   18:50 Diperbarui: 24 Oktober 2020   18:53 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Pasrah kadang semua orang mengalami, karena pasrah bisa membuat seseorang menyerah karena sudah tidakmungkin bisa di raih secara logis. Kata-kata pasrah yang sering kita dengar, saya pun mengalami dimana pasrah ini terjadi pada diri saya. Tetapi pasrah yang saya alami pasrah tapi bukan menyerah.

Awal mula saya paham dan mengerti dengan kata pasrah tapi bukan ketika saya mengalaminya sendiri dimana saya tidak memikirkan hasil yang akan kita peroleh. Tidak berharap dengan hasil yang sudah saya lakukan, sehingga yang saya lakukan hanya berusaha dan pasrah kepada Allah, disnilah saya mengerti dan paham.

Jadi lakukan lah yang terbaik, apapun yang Anda lakukan tanpa harus berharap dengan hasil itulah definisi pasrah menurut saya, Karena jika kita berharap yang berlebihan maka akan menjadi bomerang buat kita ketika hasil dari usaha tidak sesuai dengan harapan kita.

Ketika merasa pasrah dengan keadaan dan tidak melakukan sesuatu yang terbaik, disinilah pasrah yang menyerah. 

Pada saat itu saya lulus SMK di sekolah sebuah kota paling selatan jawa tengah, setelah Ujian Nasional saya langsung bekerja menjadi pencuci motor. Sehingga membuat saya tidak bisa bersantai menikmati libur habis ujian. Hal yang pertama saya lakukan saya berusaha mencuci motor dengan bersih dan maksimal agar pelanggan puas mencuci di pencucian saya. 

Hal tersebut selalu saya lakukan untuk semua yang memncuci motornya di saya. Di sini saya tidak memikirkan hasil yang saya peroleh per hari bahkan satu bulan, saya tidak berfikir ke arah hasil. Dalam pikiran saya, saya pasrah dengan apa yang sudah saya lakukan dan selalu memberikan yang terbaik.

Ada satu momen yang selalu saya ingat dimana ada seorang yang akan mencuci sepeda motor, tapi ini bukan sepeda motor biasa ini sepeda motor cross yang sangat kotor berlumpur dan sebagian tanahnya sudah keras mencuci di pencucian saya, dan langsung saya cuci dan bisa bersih sesuai harapan saya.

Dan pada saat si pemilik motor membayar, ketika memberikan uang si pemilik motor bercerita cuma pencucian motor saya yang menerima motornya karena keadaanya yang seperti itu. Dari sinilah si pemilik motor menjadi pelanggan saya semua motornya kalaudi cuci di pencucian motor saya. 

Lakukankah yang terbaik, semangat dan pasrah akan hasil yang akan diperoleh, maka hasilnya pun akan yang terbaik. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun