Mohon tunggu...
Fabian Daniel Bahana
Fabian Daniel Bahana Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ilmu Bisnis dalam Dunia Pekekonomian

24 September 2022   17:50 Diperbarui: 24 September 2022   17:52 72 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

"5 Cara Membentuk Tim Kerja yang Baik dalam Perusahaan" merupakan judul artikel karya Maderendika di situs sleekr.co. Artikel tersebut membicara berbagai cara untuk mebangun tim yang baik dalam sebuah perusahaan. Dalam artikel didapatkan bahwa perusahaan adalah suatu sistem kerja yang digerakkan oleh berbagai departemen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Maka dari itu, tim kerja yang baik membutuhkan chemistry yang baik. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kinerja sebuah perusahaan. Jadi ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika bekerja dengan tim. Mengabaikan hal ini dapat menyebabkan kerja tim yang kurang efektif. 

Tujuan penulis dalam menulis artikel ini adalah untuk memberi pendalaman mengenai bagaimana cara membentuk tim kerja yang baik. Juga mengedukasi perusahaan-perusahaan baru di Indonesia agar bisa menjadi negara yang lebih maju. Ragam bahasa yang digunakan mudah dipahami, meski ada beberapa slogan dan bahasa asing di beberapa kalimat. 

Selain itu, artikel yang ditulis oleh Rishna Maulina  dengan judul "Peran Penting Project Management Plan bagi Perusahaan " pada situs sleekr.co menjelaskan pentingnya Project Management Plan dalam persusahaan. Project Management Plan (PMP) adalah dokumen yang merancang proses proyek dan berisi penjelasan tentang rencana dan keputusan proyek yang akan dilakukan. Pada isi dokumen harus ada penjelasan untuk menjawab pertanyaan 5W dan 1H yaitu when, where, why, what, who, dan how. Rencana Manajemen Proyek dianggap sebagai dokumen hidup, yang berarti bahwa PMP dapat segera diperbarui jika ada perubahan pada proyek. Pembuatan PMP sangat penting karena menentukan kemajuan proyek sehingga efisien dan tepat waktu. 

Tujuan penulis dalam menulis artikel ini adalah untuk menjelaskan pentingnya dokumentasi dalam menentukan kemajuan suatu proyek. Selain itu, mereka memberi perusahaan informasi baru tentang PMP secara rinci. Bahasa yang digunakan dalam teks mudah dimengerti, tetapi ada beberapa kata yang rumit. 

Menurut Hugher dan Kapoor dalam Arifin (2009), bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisir untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi dan memuaskan kebutuhan dari masyarakat. Dapat juga diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh individu dan/atau organisasi yang membentuk nilai melalui produk barang dan jasa untuk memperoleh keuntungan dan memenuhi kebutuhan masyarakat.  

Jadi dari kedua artikel di atas, dapat dilihat bahwa yang penulis bicarakan adalah persiapan yang harus dilakukan organisasi agar bisnisnya berjalan lancar. Sama seperti sebuah organisasi harus memiliki sekelompok orang yang bekerja sama dengan baik, pelaksanaan proyek harus didasarkan pada rencana. Hal ini juga didasarkan pada teori mereka sendiri bahwa kinerja merupakan hasil dari serangkaian proses kegiatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi tertentu. Penilaian kinerja sangat penting karena dapat digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya. Teori kedua, Teori perencanaan kritis (TPC), melibatkan kekuasaan, kesetaraan, bahasa, pembangunan pengetahuan, dan isu-isu terkait untuk menguji "konsep profesional, model, dan 'injil' dengan materi dunia nyata dan konsekuensi diskursif" (Yiftachel dan Huxley, 2000 : hal. 910).

Menjadi seorang  pengusaha dapat dibandingkan dengan ratu semut. Karena pengusaha adalah orang yang mengelola operasi ekonomi perusahaan, ia harus mengelola bawahannya dengan baik agar dapat menyelesaikan tugas dengan sempurna tepat waktu. Sama seperti semut, mereka adalah salah satu hewan paling cerdas dan mereka bekerja sama dalam cara yang sangat terorganisir untuk menyelesaikan tugas mereka dengan baik.

 Bisnis merupakan sebuah ilmu yang mengatur jalannya perekonomian di dunia ini. Seberapa jauhnya ke masa depan, bisnis tetap merupakan ilmu yang sangat penting untuk dipelajari. Tetapi dengan ada perkembangan teknologi yang cepat dari tahun ke tahun dapat membuat perekonomian berubah dengan pesat. Berbagi teknologi telah merubah dunia perekonomian, seperti mesin-mesin yang membantu memperediksi geraknya pasar perekonomian pada suatu kurun waktu. Namun, apa yang akan terjadi 20 tahun kedepan? Tentunya akan banyak pengawai-pegawai dan berbagai pekerjaan yang akan digantikan keseluruhannya dengan mesin, sehingga tidak perlu adanya kinerja antara satu orang dengan yang lainnya.  Dapat juga ditemukan mesin yang dapat memperediksi jalannya proyek dengan sangat tepat, sehingga tidak lagi diperlukan planning untuk sebuah proyek, melainkan hanya menjalankan sebuah simulasi dalam komputer. Semua hal tersebut sangat mungkin terjadi di masa depan dengan teknologi-teknologi yang kita miliki. Maka dari itu, kita harus dengan siap menghadapi globalisasi tersebut sehingga tidak tertinggal.

Berikut merupakan cara-cara untuk meningkatkan kinerja tim : 

  • Saling percaya dan tanggung jawab
  • Memiliki visi dan misi yang sama 
  • Kegiatan bonding bersama 
  • Profesionalitas 
  • Evaluasi dan refleksi

Agar proyek berjalan sebagaimana dimaksud, organisasi/individu terlebih dahulu harus memiliki rencana. Rencena tersebut disebut dengan Proyek Management Plan (PMP), dan ini adalah sebuah dokumen yang dibuat sebelum memulai proyek agar proyek dapat berjalan dengan lancar. PMP harus memuat secara lengkap latar belakang, tujuan, manfaat, rencana kerja, isi, anggaran dan kesimpulan.

Dapat disimpulkan bahwa bisnis merupakan ilmu yang dapat mengatur jalannya perekonomian dunia dan sangat penting untuk beberapa dekade mendatang. Namun perkembangan teknologi juga memudahkan untuk mempelajari dan memprediksi jalannya perekonomian. Dimana untuk melakukan hal tersebut diperlukan kinerja dan perencanaan yang baik dari organisasi. Namun, komputer dan robot dapat menggantikan semuanya di tahun-tahun mendatang. Sehingga kita harus mengikuti perkembangan teknologi agar tidak ketinggalan dengan globalisasi. 

(DR09)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan