Mohon tunggu...
Edukasi Pilihan

Edukasi Orang Tua Muslim di Zaman Modern

7 Juli 2018   14:46 Diperbarui: 8 Juli 2018   21:39 0 0 0 Mohon Tunggu...
Edukasi Orang Tua Muslim di Zaman Modern
sebelumtidur.com

Setiap orang tua tentu menginginkan anaknya menjadi orang yang berkembang secara sempurna. Mereka menginginkan anak yang dilahirkan itu kelak menjadi orang yang sehat, kuat, berketrampilan, cerdas, pandai, dan beriman.

Menjadi Orang Tua yang baik

Orang Tua memiliki kewajiban dalam membesarkan anak dengan membentuk anak agar berbudi dan berakhlak baik. Sebagai orang tuan hanya bisa berusaha merawat dan mengedukasi anak sebaik-baiknya dengan mengajarkan nilai kehidupan yang baik kepada anak. Jika orang tua sayang kepada anak, merek tentu akan membalas kebaikan yang sama. Menjadi orang tua harus selalu berdoa kepada Allah untuk anak-anaknya

Mengajarkan agama terhadap anak

Pendidikan agama di dalam keluarga dalam perihal yang paling penting untuk ditanamkan kepada anak sejak dini. Peran orang tua di dalam keluarga adalah untuk mengajarkan agama secara tepat kepada anak. Mengajarkan hal-hal yang mendasar seperti shalat lima waktu, berpuasa, bersedekah, dan perihal-perihal yang menyangkut kehidupan beragama sehari-hari.

Menikahkan anak dengan calon yang baik baginya

Bila anak sudah memasuki usia yang siap untuk menikah, maka nikahkanlah anak sebagai langkah menghindarkan zina bagi remaja dan kawula muda dan langkah hindari pergaulan bebas antara muda mudi zaman sekarang.

Mengkhitan anak laki-laki

Ketika mencapai umur tertentu, seorang anak laki -- laki bakal memasuki waktunya dikhitan atau disunat. Sebenarnya tidak ada batasan umur yang baku tentang kapan kala yang sesuai untuk anak dikhitan, semua itu terkait kepada keadaan dan kesiapan anak.

Memberi pendidikan yang baik

Peran keluarga didalam pendidikan anak lebih-lebih orang tua adalah untuk edukatif anak bersama sebaik -- baiknya menurut nilai -- nilai kehidupan yang baik yang telah mereka ketahui. Hal ini tentu saja berguna supaya anak nantinya akan tumbuh menjadi pribadi yang mempunyai ciri -- ciri layaknya orang baik hati serta memahami ajaran agama yang luas agar dapat melandasi kehidupannya bersama pengetahuan agama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2