Mohon tunggu...
Eko Prasetyan
Eko Prasetyan Mohon Tunggu... -

Tidak dengan harga yang murah Kau membayar hasil sebuah perjuangan

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Formula One dan Bagaimana Event Itu Bisa Menghasilkan Duit

24 Juli 2016   23:42 Diperbarui: 25 Juli 2016   12:49 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Formula one emang identik dengan jor-joran duit yang dikeluarkan untuk membiayai seluruh pertunjukan yang kita tonton saat ini.

Tapi, mungkin agan pernah penasaran ngga sih, kayak apa sudah even pertunjukan seperti itu mampu bertahan selama 65 tahun, serta mampu menghidupi para Karyawannya.

Pastinya ya pake danalah, masak pake janggut, emang bensin kagak beli?

Oke, dari beberapa riset yang saya dapat, pertunjukan Formula one merupakan sebuah ladang yang bagus buat dijadikan tempat ngiklan bagi para pedagang-pedagang grosiran yang pengen merknya dikenal lebih dari 500 juta penonton dari 50 negara.

Ya iyalah, secara kan F1 tampil di tivi, sedang yang punya tivi 'kan bukan orang Indon kayak kita aja. Di mana terjangkau langit maka disitu pulalah siaran tivi bisa ditonton.

Sedikit bocoran, katanya merk-merk yang nongol di sekitar lintasan itu selain hak pemilik jalan, beberapa di antaranya ada juga yang direkomendasikan dari penyelenggara FIA yang tentunya dong dananya sedikit banyak pasti duitnya masuk ke penyelenggara.

Angka pastinya adalah lebih dari 5 juta Euro per-merk, untuk 20 seri permusim. Kalikan aja sendiri, itu ada berapa merk yang nongol dipinggir-pinggir jalan tersebut. Kemudian FIA juga mendapat kucuran dana lagi dari hak tayang Televisi.

Iya sih Jon, sebenernya FIA udah lebih dari cukup terbantu dengan disiarkan pertunjukannya oleh beberapa stasiun tivi ke seluruh penjuru dunia, ampe mereka terkenal, tapi kenapa pihak tivi juga harus bayar lagi?

Ya, gitu deh balik lagi ke alam bawah sadar. Ibarat jalak cari kutu di atas punggung kerbau. Televisi itu kan yang bayar juga pedagang grosiran dan pedagang grosiran secara ngga sadar pada mau kalo merknya terpajang lebih lama di layar kaca. Nah, caranya kayak apa, ya sajikan aja pertunjukan-pertunjukan seru seperti F1, pasti yang nonton juga pada betah. Dan alhasil mereka akan terbiasa melihat merk-merk grosiran tersebut, kan jarene trisno jalaran soko kulino.

Berikutnya pendapatan FIA didapat dari pemilik jalan yang pengen nanggap acara Formula one.

Iya dong bro, nanggap topeng monyet aja bayar, masak nanggap balapan suruh gratis. Kan ngakak! Terkecuali kalo olinya diganti minyak urut, mungkin ceritanya agak lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun