Mohon tunggu...
Nur Ehsan
Nur Ehsan Mohon Tunggu... Entrepreneur

Seorang pengusaha muda yang bergerak di bidang bisnis digital dan ecommerce. Menyukai kopi dan traveling

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pendidikan Super Istimewa

6 Desember 2020   23:35 Diperbarui: 6 Desember 2020   23:53 20 1 0 Mohon Tunggu...

Generasi sukses berawal dari dari pendidikan keluarga. Khususnya peran Ibu, yang membawa peran penting dalam kehidupan. Pendidikan yang dihadirkan Ibu dalam keluarga biasanya mencakup seluruh aspek kehidupan. Beberapa diantaranya seperti pendidikan karakter, emosi, kesehatan, moral dan rohani.

Saat terlahir di dunia, seorang bayi memiliki 99 milyar neuron dan 49 trilyun synapse. Terdapat 950 trilyun titik temu antara terminal akson salah satu neuron dengan neuron lain yang terbentuk. Oleh karena itulah, anak kecil memiliki daya rekam otak yang luar biasa.

Jika Ayah dan Ibu gagal dalam mendidik dan menanamkan hal-hal yang baik pada anak, maka akan menjadi salah satu penyebab kehancuran generasi di masa depan.

Peran seorang Ibu, sangat berpengaruh pada perkembangan otak yang 95 persen terjadi pada usia di bawah tujuh tahun. Pada waktu tiga tahun pertama, membangun pondasi struktur otak yang berdampak permanen.

Saya sebagai seorang anak terakhir dari 5 bersaudara, berikut ini beberapa pendidikan super istimewa dari Ibu saya:

1. Pendidikan Kesehatan
Menjelang akhir tahun 2020, kasus Covid-19 masih mengalami penyebaran di mana-mana. Pemerintah RI dan Satgas saat ini sudah melakukan upaya untuk memutus mata rantai penularan virus yang ganas tersebut. Imbauan menggunakan masker, selalu cuci tangan, bekerja, belajar, hingga kesibukan lainnya dilakukan di rumah terus digaungkan.

Ibuku termasuk orang yang memiliki karakter disiplin tinggi. Mengingatkan diriku untuk senantiasa memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain.

Kebiasaan positif beliau yang mengajarkan kepadaku untuk selalu menjaga kesehatan dengan cara makan makanan bergizi dan melakukan olahraga minimal satu kali dalam seminggu. Hal ini demi meningkatkan daya tahan tubuh dan sebagai antisipasi dari paparan Covid 19 yang dapat menular kepada siapa saja seperti saat ini.

2. Pendidikan Kreativitas
Kreativitas tanpa batas adalah salah satu pendidikan dari Ibuku.  Kreativitas bisa disebut sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan solusi dalam melihat masalah serta peluang. Karena tanpa kreativitas, kehidupan manusia akan terasa membosankan.

Saya memperoleh pendidikan kreativitas dari seorang Ibu melalui beberapa hal, yakni:
-Mendengarkan musik
-Mengundang seorang tokoh ke rumah
-Jalan-jalan ke tempat wisata
-Melatih berpikir secara Out of Box
-Mendukung bakat saya
-Menyarankan untuk selalu bersyukur tiap malam hari

3. Pendidikan Moral
Layaknya seorang guru, Ibu senantiasa memberikan pelajaran moral kapada saya. Moral berarti sebuah etika kesusilaan dan budi pekerti. Karena Ibuku bilang, manusia tanpa moral ibarat hewan berjalan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN