Mohon tunggu...
evin kartika
evin kartika Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Saya suka traveling dan memasak

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pelatihan Practical Office Advance di UPT Balai Latihan Kerja Pasuruan

29 Oktober 2021   00:44 Diperbarui: 29 Oktober 2021   00:48 45 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Balai Latihan Kerja atau BLK adalah prasarana dan sarana tempat pelatihan untuk mendapatkan keterampilan atau yang ingin mendalami keahlian dibidangnya masing-masing  salah satunya yakni Balai latihan kerja pasuruan yang mana setiap tahunya Balai Latihan Kerja pasuruan ini (BLK) mengadakan program pelatihan kerja  untuk untuk mengentaskan tingkat pengangguran warga serta sebagai wadah penambah ketrampilan dalam bidangnya masing-masing yang di inginkan

Para orang tua  atau masyarakat tidak perlu khawatir lagi karena UPT Balai latihan kerja pasuruan  memfasilitasi putra-putri anda sekalian yang baru lulus dari SMK/SMA dan S1 serta masyarakat umum sekalian. 

Program ini diadakan  supaya memiliki skill atau keahlian kerja dalam bidang tertentu. Yang mana  nantinya jika peserta pelatihan  sudah lulus  dan mengikuti tes uji kompentensi akan mendapatkan sertifikat dari LSP dan BNSP.

Ada berbagai kejuruan yang ditawarkan dalam program pelatihan kerja yang digelar oleh UPT Balai latiahan kerja pasuruan. Program utama di UPT Balai Latihan Kerja Pasuruan yaitu  program pelatihan kerja yang terdapat 14 kejuruan dan terbagi lagi menjadi 29 sub kejuruan dengan beberapa instruktur yang berkompeten dibidangnya.

Program pelatihan kerja yang diadakan oleh UPT BLK ini Jika dilihat dari sumber alokasi dana pengadaan pelatihan kerja terbagi menjadi 2 jenis yaitu  Pelatihan kerja reguler  dan pelatihan swadana.

Pelatihan Kerja reguler yaitu  Alokasi dana pengadaan pelatihan bersumber dari biaya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau Daerah. Singkatnya biaya tersebut  APBN atau APBD. Pelatihan Kerja reguler  tersebut tidak di pungut biaya alias gratis . 

Berbeda dengan pelatihan kerja reguler  pada pelatihan swadana peserta dibebankan sejumlah biaya untuk dapat memiliki sertifikasi keahlian setelah selesai mengikuti pelatihan kerja.

Selain itu, pelatihan gratis ini harus melewati seleksi uji kompetensi bagi peserta yang ingin mengikuti pelatihan di balai latihan kerja . Calon peserta pelatihan harus mengikuti seleksi tes tulis  dan wawancara. 

Masing-masing kejuruan memiliki kuota peserta yang telah ditetapkan. Balai latihan kerja pasuruan  menetapkan kuota sebanyak 16 siswa bagi tiap kejuruan.

 Salah satunya yaitu pada program practical office advance yang mempelajari tentang office tools dengan mengoprasikan perangkat lunak pengolah kata seperti  ms word tingkat dasar hingga tingkat lanjut, ms exel tingkat dasar hingga tingkat lanjut dan ms power point tingkat lanjut. 

Pelatihan Practical office advance diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin menambah ketrampilan serta skills dalam bidang teknologi, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya perusahaan yang membutuhkan ahli dalam bidang  teknologi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan