Mohon tunggu...
EVI MINARSIH
EVI MINARSIH Mohon Tunggu... perencanaan wilayah dan kota

seorang mahasiswi planologi yang ingin terus belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Apa yang Mempengaruhi Peningkatan Perekonomian Indonesia?

16 Oktober 2019   21:20 Diperbarui: 16 Oktober 2019   21:22 0 1 1 Mohon Tunggu...

Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki sejuta kekayaan alam yang dapat meningkatkan setiap taraf kehidupan warag negaranya dan juga meningkatkan ekonomi setiap warga negaranya. Pertumbuhan ekonomi merupakan suatu proses yang memiliki output dan memiliki dampak yang sangat panjang. Artinya output yang diberikan pada pertumbuhan ekonomi memiliki dampak yang panjang seperti kesejahteraan dan peningkatan sektor lain dalam memproduksi barang dan jasa dan juga meningkatkan kebutuhan masyarakat yang berperan sebagai konsumen. Hal ini berarti meningkatnya pendapatan nasional berkaitan erat dengan besarnya nilai Produk Domestik Bruto (PDB).

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang saat ini sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur. Pembangunan infrastruktur cenderung mengarah untuk mendukung perekonomian wilayah seperti mmempermudah pendistribusian barang dan jasa dengan adanya infrastruktur dasar seperti jalan. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia sejak tahun 2004 sampai 2014 terus mengalami naik turun. 

Pada tahun 2004 perekonomian di Indonesia cenderung mengalami kenaikan PDB sebanyak 7,98% dan paling rendah pada tahun 2009 yang hanya sebesar 4,54%. Rendahnya PDB di pengaruhi oleh perekonomian dunia yang masih belum stabil bahkan sampai mengalami krisis ekonomi. hal itu menyebabkan Perekonomian di Indonesia memiliki banyak tantangan sehingga perekonomian di Indonesia tidak stabil dan cenderung mengalami fluktuasi. Tantangan tersebut dialami karena Indonesia banyak melakukan kerjasama dengan negara lain seperti melakukan proses Ekspor dan Impor.

Ekspor dan Impor menjadi salah satu sember pendapatan negara yang dapat meningkatkan devisa negara. Tidak hanya itu pajak pun juga menjadi sumber pendapatan negara. Tidak hanya itu ada beberapa variabel lagi yang mempengaruhi laju pertumbuan ekonomi yang variabel tersebut saling berkaitan satu sama lain seperti jumlah uang yang beredar, tenaga kerja, konsumsi, investasi, pengeluaran negara, dan ekspor. Jika variabel tersebut meningkat namun dalam penerimaan pajak mengalami penurunan maka hal itu berdampak pada laju peningkatan perekonomian Indonesia. begitu sebaliknya jika jumlah uang yang beredar, tenaga kerja, konsumsi, investasi, pengeluaran negara, dan ekspor mengalami penurunan dan penerimaan pajak mengalami kenaikan maka perekonomian indonesia juka akan mengalami penurunan.

Peningkatan perekonomian Indonesia juga dipengaruhi oleh komoditas unggulan yang sudah merambah pasar Internasional seperti minyak kelapa sawit, kakao dan produk kakao, kopi, karet dan produk karet, kayu dan furniture kayu, tekstil dan produk tekstil, kertas dan produk kertas, batubara dan lignit serta nikel.komoditas tersebut yang menjadi pembangkit perekonomian di Indonesia mengingat indonesia kaya akan sumber daya alamnya.