Mohon tunggu...
eva widaningsih
eva widaningsih Mohon Tunggu... Guru - guru SDN Tanjungjaya

Bismilah ,saya seorang guru salah satu SD di kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang.Saya tidak ahli dalam membuat artikel tapi saya mau belajar membuat artikel,mudah - mudahan dengan dengan saya mengikuti publikasi artikel di Kompasiana,banyak saran atau masukan untuk saya lebih baik lagi.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Aksi Nyata Budaya Positif Membuat Keyakinan Kelas IV

5 September 2022   04:50 Diperbarui: 5 September 2022   06:38 410 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Budaya positif merupakan perwujudkan dari nilai - nilai atau keyakinan universal yang di terapkan di sekolah.Budaya positif diawali dengan perubahan paradigma tentang teori kontrol. Selama ini barangkali sebagai guru merasa berkewajiban mengontrol prilaku siswa agar memiliki perilaku yang sesuai yang guru harapkan.

Sekolah sebagai lembaga pembentukan karakter anak menjadi peluang bagi sekolah terutama guru dalam membangun budaya positif di sekolah ,salah satunya dengan pembiasaan keyakinan kelas.

Dengan adanya keyakinan kelas yang sudah dibuat dan disepakati bersama -sama,diharapkan siswa tak lagi terpaksa dan terancam dalam berbuat kebajikan yang sesuai nilai - nilai karakter. Sehingga melalui keyakinan kelas terciptalah budaya positif di kelas dan di sekolah. 

Dengan adanya aksi nyata ini di harapkan siswa memiliki karakter positif yang di miliki siswa terwujud karena dorongan intrinsik dari siswa itu sendiri bukan karena hukuman,konsekuensi maupun hadiah dan terciptanya suasana belajar yang aman,nyaman dan tenang. 

 

  Rancangan dalam menyusun keyakinan di kelas sebagai berikut

  • Guru meminta siswa untuk menuliskan apa saja aturan yang harus disepakati bersama di kelas.

  • Semua usulan di tempel di kertas karton

  • Kemudian saya kelompokkan jawaban siswa menjadi 5 poin.

  • Keyakinan kelas sudah di sepakati,guru meninjau kembali dengan di bubuhi foto siswa sebagai tanda simbol yang harus di yakini bersama.

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
    Lihat Pendidikan Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

    Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan