Mohon tunggu...
Eva Suarthana
Eva Suarthana Mohon Tunggu... Seorang dokter dan epidemiolog yang saat ini bekerja sebagai peneliti di Montréal, Canada.

Seorang dokter dan epidemiolog yang saat ini bekerja sebagai peneliti di Montréal, Canada.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Pengalaman Sekolah Tatap Muka di Quebec, Kanada

9 April 2021   01:54 Diperbarui: 9 April 2021   16:00 389 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pengalaman Sekolah Tatap Muka di Quebec, Kanada
Ilustrasi sekolah tatap muka di Kanada (Sumber: www.freepik.com)

Dampak daring

Saat Covid-19 dinyatakan pandemi bulan Maret 2020 lalu, tak terkecuali seluruh sekolah di Kanada ditutup dan semua kegiatan akademis dilakukan secara daring hingga tahun ajaran berakhir bulan Juni. 

Saya yang saat itu bekerja full time sebagai peneliti juga menjalani aktivitas dari rumah dengan kebijakan work from home

Kegiatan daring di provinsi Quebec saat itu hanya dilakukan 2-3 kali seminggu dengan durasi 30-60 menit per pertemuan, tetapi murid mendapatkan pekerjaan rumah yang harus disetor ke guru di minggu yang sama.

Di Kanada banyak keluarga muda (memiliki anak kecil) dengan suami istri bekerja full time, sehingga saat sekolah ditutup banyak orangtua yang mengalami kesulitan untuk bekerja, sekalipun dari rumah. 

Sebagai ibu dengan tiga anak kecil (usia 5-10 tahun), saya merasa cukup kewalahan karena otomatis saya tidak bisa bekerja di pagi hari saat anak-anak daring dan mengerjakan tugas sekolah. 

Pekerjaan domestik rumah tangga, tugas kantor, dan mendidik anak bertumpuk sehingga orangtua harus bekerja di malam hari untuk menyelesaikan tugas kantor saat anak-anak tidur. 

Statistik menunjukkan angka burn-out, depresi, penyalahgunaan obat, kehamilan remaja, dan kekerasan rumah tangga meningkat saat lockdown.

Konsep sekolah tatap muka di era pandemi

Provinsi-provinsi di Kanada memiliki kebijakan yang berbeda-beda saat menyambut tahun ajaran baru di bulan Agustus 2020. 

Mayoritas provinsi hingga saat ini masih melakukan kegiatan akademis secara daring atau kombinasi daring dan tatap muka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN