Mohon tunggu...
Eva Sofiyati
Eva Sofiyati Mohon Tunggu... man jadda wajada

hidup mulia atau mati syahid

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Hasil Riset Deskripsi Mobile-Health untuk Perawatan Anak dengan Penyakit Kronis

23 Oktober 2019   15:02 Diperbarui: 23 Oktober 2019   15:20 0 0 0 Mohon Tunggu...

Hasil Riset Deskripsi Mobile--Health Untuk Perawatan Anak Dengan Penyakit Kronis yang Menjalani Perawatan Paliatif

Anak dengan perawatan paliatif merupakan kelompok anak dengan penyakit kronis yang telah memasuki fase terminal. Perawatan paliatif pada anak akan melibatkan berbagai tenaga kesehatan dan koordinasi antarprofesi sehingga akan membutuhkan dukungan sistem  koordinasi yang baik antara pasien dan keluarga, perawat, dokter, dan anggota tim perawatan yang lain.

Studi penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas aplikasi mobile--health terhadap peningkatan kualitas komunikasi antar tim yang akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan. Wawancara dilakukan pada tujuh dokter onkologi, perawat anak, pekerja sosial, pasien anak dan keluarga terkait dengan penggunaan mobilehealth. Penerapan mobile-health melibatkan penggunaan internet, gadget (telepon pintar), e-mail, dan halaman web sebagai database. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah carewatch. 

Pengkajian dapat dilakukan secara langsung dan memasukan data hasil pengkajian kedalam aplikasi mobile-health yang telah dipasang pada gadget. Anak dan keluarga juga bisa memasukkan data misalnya skala nyeri yang dialami saat ini. Diagnosis dan intervensi bias ditetapkan dan disampaikan kepada keluarga melalui halaman web yang telah terintegrasi dengan telepon pintar yang ada di tangan keluarga pasien.

Hasil pemeriksaan penunjang seperti hasil pemeriksaan laboratorium rutin dapat dikirim melalui email, sehingga keluarga tidak menjalani antrian panjang untuk mendapatkan hasil laboratorium tersebut. Penggunaan mobile-health akan memudahkan semua pihak. Perawat akan dimudahkan dalam membuat rancana asuhan keperawatan karena semua data telah tersusun rapi dan lengkap. Pengkolaborasian rencana perawatan dapat dilakukan dengan segera melalui halaman berbasis web yang bisa setiap saat diakses oleh tenaga kesehatan lain tanpa harus bertatap muka. Keamanan data juga dijamin melalui pemberian password akun baik untuk keluarga maupun tenaga kesehatan (Heijden, Lucas, Lijnse, Heijdra, & Schermer, 2013).

Pengembangan Mobile -- Health untuk Perawatan Klien dengan Penyakit Kronis

 Mulai berkembang luas di Amerika Serikat, Australia, dan beberapa negera di Uni Eropa. Perkembangan ini diikuti dengan munculnya berbagai model yang memililki nama, spesifikasi yang berbeda sesuai dengan area keperawatan (Breen & Zhang, 2008).

Salah satu diataranya adalah model aplikasi health information technology yang diterapkan pada anak perawatan paliatif di Amerika Serikat. Studi dengan judul "Pediatric Palliative Care and eHealth" dilakukan pada enam orang dokter, 3 perawat dan anak dengan perawatan paliatif. Studi ini menunjukkan hasil bahwa penerpan mobile--health dapat meningkatkan pelayanan melalui komunikasi klien dan tim kesehatan yang fleksibel, informasi yang terstandardisasi (Hawkes, Walsh, Ryan, & Dempsey, 2013), dan pemberian pelayanan yang memandirikan pasien berbasis cyberinfrastructure (Madhavan et al., 2011).

 Aplikasi mobile--health juga dikembangkan untuk memonitor keselamatan anak usia bayibalita. Penelitian dilakukan pada 312 orang tua yang memiliki anak usia 10--31 bulan dengan pembagian menjadi dua kelompok. Kelompok pertama mendapatkan perlakuan berupa implementasi program E-health 4home safety, sedangkan kelompok kedua mendapatkan perlakuan sosialisasi keselamatan anak melalui leaflet. Proyek penilitian pendahuluan ini memang belum mendapatkan hasil perbedaan yang signifikan dari kedua kelompok perlakuan, sehingga proyek ini terus dijalankan hingga saat ini untuk mendapatkan kesimpulan yang lebih memuaskan (Beelen, et al., 2013). 

Do- it-yourself healthcare merupakan contoh aplikasi mobile--health yang dikembangkan untuk memonitor kesehatan klien, dan pemberian promosi kesehatan di komunitas. Melalui aplikasi do- it-yourself healthcare klien dapat mengontrol, memprogram, dan melakukan perawatan mandiri dengan pengawasan tim kesehatan. Do- it-yourself healthcare memberikan tiga keuntungan diantaranya;

(1) klien dapat berinteraksi dengan tim pelayanan kesehatan dengan biaya yang lebih murah,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
KONTEN MENARIK LAINNYA
x