Mohon tunggu...
Evaristus Astarka
Evaristus Astarka Mohon Tunggu... Menulis bagian dari hobiku.

Belajar kapan saja, di tempat manapun juga, dan sepanjang hayat.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Hari Bumi Sedunia: Ayo, Lindungi Bumi Kita

22 April 2021   11:59 Diperbarui: 22 April 2021   13:52 77 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hari Bumi Sedunia: Ayo, Lindungi Bumi Kita
Hari Bumi (dok.pri)

Hari ini tepat 22 April 2021 dan kita memperingati Hari Bumi Sedunia. Dengan bertambahnya usia, bumi ini semakin tua butuh perawatan yang serius. Hari Bumi adalah hari untuk memperingati peristiwa tumpahan minyak yang sangat besar tahun 1970 di Santa Barbara, California, Amerika Serikat. Peristiwa ini terjadi disebabkan sumur minyak yang digali meledak dan  tiga juta galoin minyak tumpah membanjiri seisi lautan. Tumpahan minyak ini membuat rusaknya lingkungan dan juga matinya ribuan binatang seperti anjing laut, lumba- lumba, burung, dan ribuan jenis ikan lainnya.

Hari Bumi merupakan ritual acara tahunan yang dirayakan di seluruh dunia pada 22 April untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan. Berarti hari ini tepat kita memperingati Hari Bumi ke- 51. Dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini yaitu bumi.

Sebagai generasi penerus, langkah kecil apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung pelestarian bumi ini. Sehingga bumi tetap aman, nyaman, dan jauh dari kerusakan yang mengakibatkan lingkungan sakit. Iya, hal sederhana saja  tetapi dapat kita terapkan dalam keluarga atau komunitas sehingga mampu mendukung pelestarian bumi ini.

Pertama, menanam pohon. Mari tanam pohon atau tanaman sayuran di lingkungan sekitar kita. Selain bisa menambah produksi oksigen tentu juga dapat dijadikan konsumsi sehat dan bernilai ekonomis bagi keluarga. Mudah bukan?

Kedua, kurangi penggunaan kantong plastik saat belanja.  Kita ke pasar tradisional atau pasar modern dapat menggunakan kantong kain dari rumah. Lebih hemat dan dapat meminimalkan penggunaan plastik. Memang awalnya mungkin malu tetapi kalau sudah menjadi kebiasaan pasti akan menjadi budaya yang baik. Melindungi bumi dengan cara sederhana.

Ketiga, hemat listrik. Jika rumah kita tidak memerlukan sinar lampu pada siang hari alangkah baiknya jika dimatikan saja. Kurangi konsumsi listrik dengan mencabut steker yang tidak terpakai yang menancap pada terminal listrik. Ini pun Tindakan sederhana tetapi dampaknya besar bila kita semua melakukannya. Hemat listrik hemat biaya pula.

Keempat, buang sampah pada tempatnya. Tindakan kecil yang bisa kita terapkan mulai dari keluarga kecil bersama anak di rumah. Sederhana sih tetapi mampu menjadi kebiasaan baik. Ketika kita berada di tempat umum dengan tertib membuang sampah pada tempatnya. Hindari membuang sampah sembarangan apalagi kebiasaan buruk membuang sampah di sungai. Hindari dan jangan lakukan.

Kelima, bijaksana penggunaan air. Air adalah sumber utama manusia. Maka hematlah dalam menggunakan air di rumah. Matikan keran jika sudah tidak terpakai, jika ada kebocoran pipa segera lakukan perbaikan. Jika mencuci menggunakan mesin cuci alangkah baiknya pilih yang mampu mencuci dalam satu kapasitas penuh. ( Tapi mahal sih mesin cuci seperti itu, heheheh)

Menjaga bumi perlu kita mulai dengan melakukan tindakan sederhana  dan kita wajib mulai dari keluarga. Jika bumi sehat kita pun merasakan kenyamanan hidup. Selamat Hari Bumi. Yuk kita mulai menjaga bumi dari keluarga  kita. Semangat.

Evaristus Cahya Triastarka/ Salatiga

VIDEO PILIHAN