Mohon tunggu...
Eva Nur Kumalasari
Eva Nur Kumalasari Mohon Tunggu... still studying and still newbie

Dirimu berharga. Dirimu adalah emas. So be urself and never surrender

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Apakah Berbuat Baik Itu Salah? Apa Sih Manfaat Menjadi Orang Baik?

28 November 2020   07:45 Diperbarui: 28 November 2020   08:02 182 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Berbuat Baik Itu Salah? Apa Sih Manfaat Menjadi Orang Baik?
Ilustrasi Gambar Berbuat Baik

Hai sobat, setiap orang pasti pernah berbuat baik dan selalu baik. Tapi taukah kamu kalau orang baik itu tulus? Iya tulus. Orang baik akan memposisikan orang lain seperti dirinya sendiri. Biasanya dia tidak memandang orang lain itu buruk. Namun seringkali orang baik itu justru yang banyak mengalami musibah. Entah itu dimanfaatkan orang lain dan lain sebagainya. Bahkan ketika dia diberikan perlakuan tidak baik oleh orang lain, orang baik ini biasanya berniat ingin membalas, namun kembali lagi, dia akan berfikir dua kali untuk berbuat dendam dan membatalkan niat buruknya untuk membalas perlakuan yang tidak baik ini.

Tapi taukah kalian, ternyata berbuat baik dan selalu baik itu ada manfaatnya loh. Apa aja sih manfaatnya? Berikut ini ada 4 manfaat berbuat baik. Yuk simak!

a. Menjalani Kehidupan Lebih Tenang

              Dengan melihat orang lain bahagia tentunya kita akan  bahagia, bukan? Karena setiap derai senyumannya akan membuat kita menjadi bergairah lagi menikmati kehidupan.  Dapat menolong orang lain pastinya juga akan membuat hati kita akan lebih  tenang dan tentram. Berbuat baik ke orang lain tidak harus memberikan pelayanan besar ke orang lain, bisa juga dimulai dengan  hal kecil. Meskipun sederhana, tapi satu bantuan kita akan sangat mereka harga dan sangat berarti buat mereka.

b. Lebih Bisa Menghargai Dirimu Sendiri

              Eitss ternyata tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, namun juga bermanfaat untuk diri kita sendiri loh. Dengan berbuat baik, kita akan merasa bahwa orang lain masih membutuhkan kita. Dan itu akan meningkatkan effort kita untuk belajar dan belajar memperbaiki apa yang kurang dari dalam diri kita agar nantinya ketika orang lain membutuhkan diri kita, kita siap membantunya. Kemudian, berbuat baik juga dapat meningkatkan rasa percaya diri kita. Jadi jangan ragu untuk berbuat baik kepada siapa saja.

c. Mencegah Penyakit

              Berbuat baik juga bermanfaat bagi kesehatan. Kebaikan menjadi bumbu utama untuk membuat kita menjadi lebih bahagia sehingga dapat mengurangi stress yang berlebihan yang akhirnya membuat tubuh kita tidak semangat lagi menjalani kehidupan.

d. Memberikan Energi Positif Dimanapun Kita Berada

              Dengan berbuat baik maka akan memberikan kepuasan tersendiri  bagi diri kita. Dimana kita dapat diselimuti dengan rasa bahagia dan tenang. Kita akan menjadi lebih semangat dalam menjalani kehidupan kedepannya. Sehingga kemanapun kita berada akan merasa bahagia serta dibumbui dengan energi positif

              Itulah 4 manfaat dari berbuat baik. Jangan takut untuk berbuat baik kepada siapapun meskipun tidak semua orang dapat merespon kita dengan baik.  Tetaplah menjadi manusia baik agar kehidupanmu diisi dengan kebermanfaatan dan juga tetap selektif dalam berbuat baik agar tidak salah arah, langkah, dan tujuan.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x