Mohon tunggu...
Eva Nurkhofifah
Eva Nurkhofifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pemanfaatan Aplikasi Belajar Online sebagai Solusi Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan Melalui Kegiatan KKN Tematik

28 Juli 2021   22:30 Diperbarui: 28 Juli 2021   22:33 88 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pemanfaatan Aplikasi Belajar Online sebagai Solusi Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan Melalui Kegiatan KKN Tematik
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dampak pandemi virus Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) sampai saat ini masih sangat dirasakan dunia pendidikan. Kegiatan belajar mengajar di semua jenjang pendidikan pada tahun ajaran baru 2021/2022 yang akan dimulai pada pertengahan Juli 2021 belum berjalan normal. Sehingga masih diharuskan melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Pembelajaran daring atau pembelajaran elektronik (e-learning) merupakan bagian dari pembelajaran jarak jauh yang menggabungkan teknologi berbasis jaringan internet dan teknologi elektronika. Proses kegiatan belajar mengajar dilakukan jarak jauh dengan proses digital menggunakan beberapa aplikasi smartphone. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk usaha penerapan social distancing, pembatasan interaksi sosial untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Universitas Pendidikan Indonesia sebagai universitas dengan jati diri pendidikan melakukan upaya untuk membantu proses pembelajaran secara daring melalui mahasiswa dalam program KKN Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi Covid-19. Kegiatan KKN Tematik dilakukan di jenjang sekolah menengah kejuruan, yaitu di SMK Ma’arif Langut.

Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya membantu administrasi guru memasukkan data lengkap kelas 10, membantu mengelompokan kelas 10 sesuai jurusan, membuat absensi dan sebagainya. Kemudian melakukan pendampingan siswa dan orang tua siswa selama proses pembelajaran. Membantu penguatan pembelajaran dengan membuat materi atau modul yang sesuai jurusan.

Pembelajaran online yang dilakukan dengan memanfaatkan media Google Classroom dan Google Drive sebagai media untuk memberikan materi. Kemudian media untuk bertanya terkait pembelajaran seperti tugas dan sebagainya menggunakan aplikasi Whatsapp. Sedangkan untuk media untuk bertatap  maya menggunakan media video conference berupa Google Meet atau Zoom Meetings.

Penguatan pembelajaran bagi para pengajar dapat membuat bahan ajar digital seperti pembuatan video animasi yang dapat diakses melalui platform youtube, guru dapat membagikan link video materi tersebut sehingga siswa dapat langsung mengaksesnya. Guru juga dapat memanfaatkan web tools seperti Quizizz, Kahoot!, dan sebagainya untuk memberikan tugas berupa permainan kuis yang menyenangkan dan dapat dijadikan sebagai media penilaian.

Dengan diadakannya kegiatan KKN Tematik ini, diharapkan dapat membantu pihak sekolah baik itu siswa, guru, dan  pihak lainnya serta para orang tua dalam mendampingi anak dalam melakukan pembelajaran jarak jauh.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN