Pertama adalah bahwa nitrogen kurang cenderung bermigrasi melalui karet ban daripada oksigen, yang berarti bahwa tekanan ban Anda akan tetap lebih stabil dalam jangka panjang. Pembalap tahu cukup cepat bahwa ban diisi dengan nitrogen daripada udara juga menunjukkan perubahan sedikit tekanan dengan perubahan suhu. Itu berarti tekanan inflasi lebih konsisten selama perlombaan sebagai ban memanas.
Mobil penumpang juga bisa mendapatkan keuntungan dari tekanan yang lebih stabil. Tapi masih ada lagi: Kelembaban (air) adalah Bad Thing untuk memiliki di dalam ban. Air, hadir sebagai uap atau bahkan sebagai cairan dalam ban, menyebabkan lebih dari perubahan tekanan dengan perubahan suhu dari udara kering . Hal ini juga mempromosikan korosi dari baja atau aluminium rim.
Bagaimana air relevan dengan diskusi nitrogen? Setiap sistem yang memberikan murni nitrogen juga akan memberikan nitrogen kering. Mengisi ban dengan nitrogen melibatkan mengisi dan membersihkan beberapa kali berturut-turut, serial menipiskan konsentrasi oksigen dalam ban. Ini juga akan menghapus setiap air.
Ini tentu sederhana, meskipun memakan waktu, teknisi ban untuk mengisi ban. Tapi kebanyakan toko menggunakan mesin yang tidak hanya menghasilkan hampir murni nitrogen dengan tegang oksigen dari udara shop-dikompresi, tetapi juga akan secara otomatis melalui beberapa siklus pembersihan tanpa pengawasan.
Jadi, untuk menjawab pertanyaan spesifik Anda: Dengan nitrogen, tekanan ban Anda akan tetap lebih konstan, menghemat sejumlah kecil biaya bahan bakar dan ban-maintenance. Akan ada sedikit kelembaban di dalam ban Anda, yang berarti lebih sedikit korosi pada roda Anda.
Anda tidak akan dapat merasakan perbedaan dalam perjalanan atau penanganan atau pengereman, kecuali tekanan ban Anda yang serius dari spec dan berubah menjadi nitrogen membawa mereka kembali dengan nomor yang tepat.
Setelah membaca info yang telah di uraikan, selain sebagai pengisi ban kendaraan nitrogen juga berfungsi sebagai
menggantikan gas yang berbahaya dalam suatu vessel seperti tank, pipe, bulk, tanker maupun jaringan pipa (pipeline) dengan gas yang bersifat inert. Fungsi dan kegunaan tersebut biasa dinamakan purgin nitrogen.