Mohon tunggu...
eva dayat
eva dayat Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

ibu rumah tangga

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pengertian dan Sejarah Percetakan

31 Maret 2014   16:50 Diperbarui: 24 Juni 2015   00:15 2197 0 0 Mohon Tunggu...

Baik di kota besar maupun kota kecil anda tentu saja pernah melihat usaha percetakan yang berada di pinggir jalan terutama yang dekat dengan sekolah ataupun kantor-kantor setempat.  Percetakan merupakan usaha yang saat ini sedang di cari oleh kalangan wiraswasta.

Pengertian percetakan

Percetakan adalah sebuah proses pencetakan tulisan yang biasa di sebut dengan fotocopy atau pencetakan gambar untuk pakaian yang biasa di sebut dengan sablon dengan menggunakan sebuah mesin cetak yang terdiri dari bahan tinta dan minyak sehingga menghasilkan cetakan.

Buku, koran, majalah dan cetak huruf gambar dan lainnya menggunakan alat mesin yang biasa di sebut dengan mesin cetak offset.  Ada juga yang hasilnya seperti emas, ini menggunakan tekhnik poly dimana bahan yang di gunakan menggunakan bahan bubuk emas yang berupa tinta.

Sejarah Percetakan

Percetakan pertama kali di temukan oleh masyarakat cina pada abad 14, sehingga tak heran jika kebanyakan mesin cetak terbuat dan bermerk berasal dari cina.

Tak kalah dengan negara Cina, ilmuwan Eropa Johannes Gotenberg menerapkan mesin cetak yang lebih simple dan mudah di pahami di bandingkan dengan mesin cetak cina, karena mesin cetak cina menggunakan simbol-simbol cina yang kurang di pahami di bandingkan dengan mesin cetak eropa.

Semakin maju zaman semakin maju pula perkembangan percetakan murah di dunia, sehingga banyak sekali pengusaha perrcetakan memberikan proses produksi dengan cepat, aman dan tentu saja dengan penawaran harga murah.

VIDEO PILIHAN