Mohon tunggu...
Eva Dianidah
Eva Dianidah Mohon Tunggu... Putri dari ayah dan bunda

Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Santrinya Abi, PP. Daar El-Hikam

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Tips Mencari Jodoh bagi Perempuan

19 Mei 2019   04:35 Diperbarui: 19 Mei 2019   05:05 0 0 0 Mohon Tunggu...
Tips Mencari Jodoh bagi Perempuan
Dok. Pribadi 

Tips-tips yang saya tuliskan ini sebenarnya berawal dari perbincangan salah satu Ustadzah di Pondok saya. Beliau menyampaikan berbagai macam nasihat dan tips mencari jodoh bagi perempuan. Perempuan yang pada hakikatnya takdir mereka adalah hanya menunggu, meski diharuskan untuk berikhtiar, namun apalah daya jikalau mereka menyukai si "lelaki" namun mereka akan merasa tak berdaya untuk menyampaikan, harga diri terasa jauh lebih besar. Egois memang, tapi kenyataannya memanglah seperti itu.

Dalam wejangan dan nasihat yang diberikan beliau adalah tentang Doa. Karena Doa bagi perempuan adalah senjata yang paling ampuh untuk dapat meluluh lantakkan rahmat-Nya. Ketika perempuan telah berdoa, maka bersiaplah untuk terbawa. Doa yang dimaksud disini adalah doa yang dipanjatkan ketika dalam keadaan yang benar-benar mustajab, disampaikan sembari berlinangan air mata.
Adapun tips-tips Doa bagi perempuan  adalah sebagai berikut:

  1. Berdoalah kepada Allah, Tuhanmu yang Maha Kuasa dan Penyayang, yang Maha Menciptakan Cinta dan menyebarkan Kasih-Sayang.
  2. Berdoalah dengan mengungkapkan segala keinginan secara jelas, tepat dan tidak berbelit-belit. Hal ini disebabkan agar doa yang terkabul pun akan menjadi jelas dan sesuai keinginan.
  3. Mintalah kepada Allah, setinggi dan sebesar apapun, bermohonlah kepada-Nya.
  4. Sebutkan seluruh kriteria yang kamu inginkan untuk jodoh atau pasangan halalmu, catat bila perlu. Misalnya; "Yaa Robbi, datangkanlah kepadaku seorang laki-laki yang serius untuk bersamaku, seorang laki-laki sholeh, santri,  bisa mengaji dan mampu mengajari aku mengaji, berpendidikan tinggi,  baik hatinya, dermawan, tidak pelit agar aku senantiasa diajarkan berbagi, tinggi, putih, yang cinta kepadaku, yang mampu membimbingku di dunia dan akhirat, menuntunku melewati problematika kehidupan, menuntunku menuju surgaMu yaa Robb, yang baik untuk anak-anakku kelak, membimbing kami menjadi keluarga yang diridhoiMu, mampu mengayomi, yang bisa mengajari masyarakat mengaji, bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara, yang cinta dan sayang kepada santri, kepada anak didiknya, kepada orang tua, kiyai dan guru-guru, mampu bersosialisasi dan cinta kepada silaturrahmi agar aku senantiasa diajaknya jalan-jalan untuk berkunjung, bersilaturrahmi."
  5. Dan yang terakhir ucapkanlah " Yaa Robbi, berikanlah yang terbaik menurutMu, yang Engkau Ridhai untuk ku.." Serta bacalah Asmaul Husna sesuai dengan yang sedang kamu butuhkan, misalnya "yaa Hayyu yaa Qayyuum, ya Rahman, yaa rohim..

Berpasrah dirilah hanya kepada Allah, pasrah dan merasa tak berdaya. Menyerahkan segalanya hanya kepada Allah, Tuhan sekalian Alam.

Nasihatnya: "senantiasalah kamu berbuat baik kepada orang tuamu, guru-gurumu dan orang lain yang kamu kenal maupun yang belum kamu kenal. Teruslah berbuat baik meski banyak yang menghadangmu, karena niatan baik pasti akan mendapatkan berbagai perjalanan yang berliku. Maka janganlah berhenti untuk terus berbuat baik, beristiqomahlah..

Jika ada temanmu yang buruk perilakunya, maka Allah sedang mengujimu agar kamu tetap menjadi baik dan berakhlak baik, jika ada temanmu yang pelit maka Allah sedang mengujimu agar kamu menjadi orang yang dermawan, jika ada temanmu yang banyak menggunjing orang lain, maka kamu sedang diuji agar menjadi orang yang sabar dan senantiasa berhusnudzon.."

Sekian, semoga bermanfaat :)