Mohon tunggu...
Eva Fauziana
Eva Fauziana Mohon Tunggu... Dosen - Dosen, Penulis dan Penerbit Indie

Selain Menjadi Dosen, Saat Ini Saya Aktif Menulis di Platform Novel Online Internasional dan Menjalankan Usaha Penerbitan Indie

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Giat GNRM dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Madani

7 Desember 2021   12:01 Diperbarui: 7 Desember 2021   12:06 129 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Gerakan Revolusi Mental menjadi salah satu gerakan pembaruan demi memperbaiki dan mengembangkan kesadaran warga dalam bermasyarakat berlandaskan tiga nilai utama, yaitu Integritas, Etos Kerja serta Gotong Royong.

Integritas diimplementasikan dalam kesadaran bersikap menjujung tinggi kejujuran, kedisiplinan serta loyalitas. Integritas diibaratkan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh seseorang, tanpa terlihat orang lain. Sehingga, ia memiliki kepercayaan utuh bahwa, meskipun tak ada yang melihat, ia sadar bahwa Tuhan selalu melihat. Karenanya, menjaga kejujuran serta menjunjung tinggi moral, menjadi titik kunci dalam nilai pertama ini.

Dok.pri
Dok.pri

Etos kerja diimplementasikan dalam kesediaan bekerja keras di samping bekerja dengan cerdas, demi mewujudkan masa depan negara yang lebih makmur, adil dan sejahtera. Etos kerja juga ditandai dengan adanya kesadaran untuk patuh pada peraturan, loyal, serta disiplin dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas.

Dok.pri
Dok.pri

Gotong royong ditandai dengan adanya kesadaran untuk saling tolong menolong dalam keadaan suka cita atau sedang dalam krisis atau masalah, sehingga tercipta masyarakat yang saling menghargai  yang membuat negara kokoh karena setiap warga saling mendukung dan bekerja sama.

Tak  hanya dalam konteks bernegara, tiga nilai dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental ini sebenarnya telah tertuang dalam ajaran agama Islam, dan telah dicontohkan oleh Rosul Muhammad saw sejak ribuan tahun lalu. Karenanya, nilai-nilai yang terkandung dalam gerakan ini, sebetulnya mengadopsi dari nilai-nilai islami berlandaskan Al-Quran.

Dok,pri
Dok,pri

Pada tanggal 27 November 2021 lalu, Kampus Institut Bisnis Muhammadiyah Bekasi mengadakan giat seminar bertema "Gerakan Revolusi Mental Dalam Pembentukan Karakter Masyarakat Madani. Giat ini diprakarsai oleh Kementerian Koordinator Pengembangan Manusia dan Kebudayaan.

Dok,pri
Dok,pri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan