Mohon tunggu...
EVA SUSIANA
EVA SUSIANA Mohon Tunggu... Guru - guru

Hari ini harus lebih baik dari sebelumnya

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Tantangan Guru di masa Pandemi

3 Maret 2021   15:31 Diperbarui: 3 Maret 2021   15:47 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

                   Tidak lepas dari tugas saya sebagai seorang guru bahwa selain mengajar, mendidik, guru sebagai role model bagi peserta didik. Terlebih di masa pandemi saat ini. Khususnya bagi Bangsa Indonesia sendiri, pandemi mempengaruhi berbagai aspek terutama pemdidikan. Hal ini merupakan suatu tantangan besar bagi kami para guru dalam mencapai tujuan Pendidikan Nasional. Dalam hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan yaitu" Mencerdaskan kehidupan bangsa". Dimana sudah lebih dari 1 tahun pembelajaran dilaksanakan secara daring. Tentu hal ini menuntut guru melakukan berbagai inovasi dan kreasi agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sehingga meskipun dimasa pandemi pembelajaran dapat dilaksanakan secara efektif.

                   Hal inilah yang mendorong saya untuk  terus meningkatkan keprofesionalan saya sebagai guru. Pembelajaran yang sebelumnya dilaksanakan dalam satu ruang, tempat dan waktu yang sama, namun saat ini pembelajaran harus dilaksanakan di ruang, waktu, dan tempat yang berbeda. sehingga hal inilah yang mendorong saya untuk mengikuti pelatihan membuat video pembelajaran. Tidak ada kata "terlambat" untuk belajar dan terus belajar. Pelatihan membuat video pembelajaran yang saya ikuti selama 3 hari pada tanggal 1-3 Februari 2021 yang dilaksanakan di SD Negeri 004 Tanjungpinang Barat, dimana sekolah saya sendiri sebagai tempat pelaksanaan kegiatan . Adapun uraian kegiatan yang dilaksanakan diantaranya:

1. Membuat RPP

2. Membuat modul

3. Membuat Video Pembelajaran

                   Dari tiga kegiatan yang saya ikuti hal menarik bagi saya adalah membuat video pembelajaran. Bagaimana saya menjadi aktor, sutradara sekaligus editor. Tentu ini hal baru bagi saya sebagai seorang guru. Namun sangat menarik, ilmu yang saya dapatkan sangat bermanfaat. semoga kedepannya saya dapat membuat video pembelajaran lebih baik lagi sehingga menarik minat bagi peserta didik meskipun belajar dirumah dimasa pandemi saat ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun