Mohon tunggu...
Eudora HanaCalista
Eudora HanaCalista Mohon Tunggu... Foto/Videografer - Mahasiswa PAI UIN WALISONGO SEMARANG 19'

work hard dream big

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran dan Prinsip Psikologi Pendidikan terhadap Perkembangan

19 April 2021   09:40 Diperbarui: 19 April 2021   09:49 1311
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Oleh : Eudora Hana Calista (1903016018)

Kelas : PAI - 4A

FITK UIN WALISONGO

A. Pendahuluan

        Perkembangan manusia merupakan suatu hal yang ilmiah terhadap pola-pola perubahan manusia yang terjadi di sepanjang kehidupan manusia. Perkembangan secara sistematis  dapat mempengaruhi pertumbuhan, walaupun di dalam perkembangan tersebut akan terdapat penurunan. Perkembangan manusia bersifat sistematis, yang berarti perkembangan manusia bersifat teratur dan berkelanajutan. Proses ini terus berlanjut sampai kita tua nanti. Selain perkembangan manusia bersifat sistematis, perkembangan manusia juga bersifat adaptif, yang artinya perkembangan manusia ini terjadi karena dihadapkan pada kejadian-kejadian yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Studi tentang perkembangan manusia ini merupakan usaha yang terus berkembang dan berlangsung. Seiring dengan  perkembangannya, studi tentang perkembangan manusia telah menjadi sebuah disiplin ilmu yang bertujuan untuk memahami lebih dalam tentang apa dan bagaimana proses perkembangan manusia baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

        Psikologi pendidikan menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui bahkan dikuasai oleh semua pihak yang memiliki keterkaitan dan tanggung jawab dalam pelaksanaan pendidikan, baik itu yang bertindak sebagai perencana dan pengambil kebijakan yaitu pemerintah, pelaksana, pengendali maupun pengguna produk pendidikan itu sendiri. Pengertian tentang pendidikan sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional secara lugas dan jelas dinyatakan bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana yang dilakukan untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran.

        Secara psikologis, manusia akan mengalami proses perkembangan secara bertahap dari semenjak dilahirkan hingga ia meninggal dunia. Dalam tiap tahapan manusia akan menunjukkan tingkah laku, pikiran dan karakter yang berbeda. Perbedaan itu termasuk minat, kebutuhan, kegemaran, emosi, daan inteligensi. Pendidikan harus disesuaikan dengan tahap perkembangan manusia. Proses keseluruhan di atas menjadi sorotan psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan bertujuan memperbaiki proses belajar mengajar dan untuk membantu para guru dan calon guru agar betul-betul memahami proses pendidikan yang baik, sehingga mereka dapat membimbing proses belajar para peserta didiknya dengan cara yang lebih terarah dan efektif sebagai upaya untuk mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki. Selain itu psikologi pendidikan dalam dunia pendidikan pada dasarnya adalah untuk mempermudah pendidik dalam memahami murid dan menyampaikan ilmu sesuai dengan tujuan pembelajaran.

B. Isi

        Tahun-tahun pertama merupakan saat yang menentukan kedewasaan seseorang Individu. Menurut Freud perkembangan di usia awal manusia membawa efek kepada masa dewasa seseorang.

         Sedangkan Erikson menerangkan apa yang akan dipelajari oleh anak tergantung dari bagaimana orang tua memperlakukan anaknya. Selanjutnya anak yang memiliki masalah dalam usia sekolah dan prasekolah menunjukkan mereka sangat buruk dalam penyesuaian waktu usia kecil.

         Dalam lingkungan tempat anak menghasilkan perubahan-perubahan masa kecilnya, sangat berpengaruh kuat terhadap kemampuan bawaan mereka. Terdapat beberapa bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa dasar awal cenderung bertahan dan mempengaruhi sikap dari perilaku anak sepanjang hidupnya, di bawah ini ada 4 bukti yang membenarkan pendapat ini yaitu:
a. Hasil belajar dan pengalaman merupakan hal yang dominan dalam perkembangan anak
b. Dasar awal cepat menjadi pola kebiasaan, hal ini tentunya akan berpengaruh sepanjang hidup dalam penyesuaian sosial dan pribadi anak
c. Dasar awal sangat sulit berubah meskipun hal tersebut salah
d. Semakin dini sebuah perubahan dilakukan maka semakin mudah bagi seorang anak untuk mengadakan perubahan bagi dirinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun