Mohon tunggu...
Eti Mulya
Eti Mulya Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hobi makan, suka jalan jalan ke alam, suka naik motor sambil ujan-ujan, suka liat sunset, liat ujan, liat bintang sama bulan, denger sad song, baca au and wattpad suka nonton ejalija wishlist beli perusahaan puddle pop, nextar, good time, and wallens kue sus di indomaret

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Media Online Sebagai Sarana Berdakwah, Worth it Ga Si untuk Didengar?

21 September 2022   17:56 Diperbarui: 21 September 2022   18:02 73
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berdakwah Melalui Media Online

Hallo pembaca,

Seperti yang kita semua ketahui bahwa berdakwah yaitu mengajak atau menyerukan kepada masyarakat untuk berbuat kebaikan, Dalam berdakwah juga mempunyai banyak sekali cara atau metode dalam penyampaian nya. seperti yang akan kita bahas sekarang, Di sini saya akan membahas mengenai berdakwah melalui media online.

Di zaman sekarang ini media online sudah  menjadi konsumsi sehari-hari, media online itu sangat banyak sekali saluran nya mulai dari youtube, instagram, facebook, twitter, website, dan masi banyak lainnya. Dalam berdakwah juga juga harus mengikuti gaya perkembangan nya agar masyarakat bisa lebih memahami dan menikmati apa yang di sampaikan oleh da'i. 

Berdakwah juga bisa melalui media online loh, bukan Cuma face to face aja. Jika kita men searching kata "dakwah" di media online contoh nya youtube akan banyak sekali keluar rekomendasi-rekomendasi yang di berikan dan kita bisa memilih yang mana yang ingin di tonton dan di dengarkan, juga kita bisa melihat dari segi durasi waku yang ingin di tonton. Apalagi para da'i yang menyampaikan nya juga banyak sekali mulai dari ustadz abdul somad, ustadz hanan attaki, ustadz adi hidayat, ustadzah oki setiana dewi dan banyak lagi, Cara mereka dalam menyampaikan dakwah juga mempunyai ciri khas nya masing-masing loh. Jadi, kita sebagai mad'u atau pendengar tidak akan bosan dengan apa yang di sampaikan.

Menurut saya pribadi, berdakwah melalui media online ini sangat bermanfaat dan memudahkan banyak orang. Mungkin banyak di luar sana yang sangat sibuk dan tidak bisa menghadirkan ceramah dari ustadz favorit nya secara langsung, tetapi dengan ada nya media online dia bisa melihat apa yang di sampaikan oleh da'i tadi yang di upload ulang oleh jama'ah yang menghadiri acara tersebut atau juga lansia yang sudah kesusahan dalam berjalan bisa melihat dakwah nya melalui media online. 

Dengan ada nya media online bisa memudahkan kita jika sedang ingin mendengakan ceramah. Seperti yang kita ketahui dalam berdakwah itu membahas mengenai semua hal, seperti manusia, budaya, lingkungan, dan masi banyak lagi. Sebagai mad'u atau pendengar pasti ada saat kita ingin mendengar tentang 'dakwah budaya' atau 'dakwah lingkungan' saja. Nah, dengan ada nya media online ini memudahkan kita sebagai mad'u atau pendengar untuk meminimalisir apa yang ingin kita tonton dan dengar.

Dalam berdakwah melalui media online tidak hanya ada video-video dalam berdakwah tetapi juga artikel atau bacaan-bacaan yang kita temui di media online, dakwah juga bisa di lakukan melalui tulisan media online juga loh, bukan hanya video seorang da'i yang sedang berdakwah saja. Karena di dalam berdakwah itu ada banyak sekali metode yang dapat di lakukan. Mungkin kita semua sering menjumpai website atau tulisan yang tidak sengaja terlewat di pencarian kita tentang ajakan dalam berbuat kebaikan, sebenarnya itu sudah masuk ke dalam dakwah juga loh.

Jadi, dakwah itu mempunyai banyak sekali metode bukan hanya dengan secara langsung face to face, tetapi juga bisa menggunakan media online, Dakwah menggunakan media online ini sangat bermanfaat dan memudahkan banyak orang.

Mungkin itu saja opini saya mengenai berdakwah melalui media online, Saya harap dengan ada nya artikel ini bisa bermanfaat bagi yang membaca nya.

Terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun