Mohon tunggu...
Erick Sudarmo
Erick Sudarmo Mohon Tunggu... Silahkan kalau ingin tukar pikiran dan berdiskusi sebagai sesama manusia. Open discussion --> 0812 9889 1550

Saya adalah manusia biasa yang penuh kekurangan dan kekhilafan; serta selalu mau untuk belajar dan memperbaiki diri kearah yang lebih baik demi kehidupan berbangsa, bernegara dan sebagai salah satu warga dari dunia ini.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Past Simple Vs Present Perfect, The Twin Tense

23 September 2019   21:04 Diperbarui: 25 September 2019   09:40 0 2 2 Mohon Tunggu...

Bahasa Inggris memang "kebanyakan gaya, mau membicarakan hal yang dahulu, sekarang dan yang akan datang harus menggunakan susunan dan tata bahasa inggris yang berbeda-beda; menghafalkan regular dan irregular verb; noun; adjective; adverb, etc.

Tetapi itulah sebenarnya seni dari bahasa itu sendiri. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang sangat mudah untuk digunakan dan dimengerti; tidak ada perbedaan kata kerja dalam percakapan yang mengacu kepada waktu isi dari percakapan.

Pada kesempatan ini saya akan sedikit memberikan perbedaan mudah dalam penggunaan bahasa inggris antara Past Simple dan Present Perfect.

Past Simpel --> I wrote that letter last night.

Present Perfect --> I have written that letter.

Dari kedua contoh kalimat di atas; sebenarnya memiliki arti yang serupa tetapi tidak sama. I wrote that letter last night; artinya adalah saya tulis surat itu tadi malam. I have written that letter; artinya adalah saya sudah tulis surat itu.

Persamaan dari kedua kalimat tersebut adalah kesamaan asumsi logika bahwa kedua kalimat tersebut menjelaskan bahwa surat tersebut sudah ditulis.

Perbedaan antara kedua kalimat tersebut adalah bahwa yang Past Simple itu menjelaskan kapan saya tulis surat tersebut; sedangkan dalam Present Perfect, saya hanya menjelaskan bahwa saya SUDAH tulis surat tersebut TANPA MENJELASKAN KAPAN saya menulis surat tersebut.

Jadi, kalau ada yang bingung kapan harus menggunakan Past Simpel dan kapan harus menggunakan Present Perfect dalam suatu percakapan, sebenarnya hanya harus memahami pola nalar dari kedua tenses ini. 

Did you finish your math homework?
(Formal) Yes, I did, I finished it last Monday.
(Informal) Yes, I have done it. OR Yes, I have finished it.

Tapi mohon diingat bahwa walaupun kedua tenses ini memilki kesamaan dalam nalar logika, tetapi jangan digunakan dalam bentuk tulisan. Semua yang berbentuk tulisan dalam bahasa Inggris haruslah dilakukan dengan tepat dan akurat; termasuk dalam penggunakan grammar yang tepat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x