Estu Putri Maharani dan Anggun Nabila Azzahra
Pendidikan IPS A 2020
Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada masa pandemi Covid-19 ini. Pembatasan ini bertujuan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Dengan pembatasan ini masyarakat menjadi tidak leluasa untuk melakukan kegiatan.
Artikel yang kami buat ini akan membahas tentang peningkatan kunjungan e-commerce shoope selama pandemi Covid-19. Selama penerapan social distancing terjadi peningkatan volume transaksi perdagangan di perusahaan-perusahaan e-commerce yang ada di Indonesia (Dinisari, 2020). E-commerce memiliki peran dalam bidang ekonomi bagi pelaku usaha, konsumen, dan pemerintah selama masa Pandemi Covid-19 (Ayu & Lahmi, 2020). Perubahan pola perilaku masyarakat terjadi pada masa pandemi Covid-19 yaitu dengan berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan hidupnya (Permana et al. 2021).
Berdasarkan data diatas, terlihat bahwa e-commerce dengan kunjungan tertinggi selama pandemi Covid-19 adalah Shoope. Pada data tersebut terlihat bahwa pengunjung web bulanan Shoope sebanyak 129.320.800. Selain itu, jumlah followers Shoope di berbagai media sosial seperti twitter, instagram, dan facebook memiliki jumlah pengikut terbanyak dibandingkan e-commerce yang lainnya.
Jika dilihat dari data diatas, Shoope mengalami peningkatan kunjungan tertinggi sebelum dan selama pandemi Covid-19. Peningkatan terjadi sejak dari kuartal ke-3 tahun 2019 sampai dengan kuartal ke-4 tahun 2020. Sebelum pandemi pada kuartal ke-3 terlihat bahwa kunjungan pada situs Shopee sebanyak 55,9 juta pengunjung dan meningkat menjadi diatas 129 juta pengunjung. Kenaikan jumlah pengunjung ini persentasenya sangat tinggi yaitu sebesar 73,84%.
Sumber : Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol. 25 No. 2 Desember 2021 Hal : 191 -- 202
Source URL : https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/jskm/article/view/4839/1634