Mohon tunggu...
Esta AnestaSyah
Esta AnestaSyah Mohon Tunggu... Esta Anesta Syah

doing better

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN Tematik UPI: Penguatan dan Pendampingan Pembelajaran Daring untuk Siswa SD

27 Februari 2021   10:38 Diperbarui: 27 Februari 2021   10:46 94 1 0 Mohon Tunggu...

COVID-19 ATAU CORONA VIRUS berlangsung dari tahun 2019 dan mulai menyebar di Indonesia tahun 2020. Pandemi Covid-19 di Indonesia berdampak pada 646.192 satuan pendidikan, 68.801.708 peserta didik, dan 4.183.591 pendidik mulai dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini sampai Pendidikan Tinggi, Pendidikan Khusus, Pendidikan Vokasi, Pendidikan Masyarakat, Kursus dan Pendidikan Keagamaan (Kemendikbud, 2020). Berdasarkan pernyataan tersebut dapat diketahui bahwa pendidikan harus berjalan dalam keadaan apapun.

Sebagai upaya dalam mengurangi angka penyebaran Covid-19 dan agar kegiatan pendidikan dapat berjalan seperti biasanya maka pemerintah melakukan kebijakan dalam sistem pendidikan dilakukan secara online atau sistem dalam jaringan (daring) sejak bulan Maret 2020. Sistem pembelajaran tersebut dilakukan tanpa tatap muka secara langsung, melainkan dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Kebijakan pemerintah yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online atau daring merupakan adaptasi kebiasaan baru di bidang Pendidikan dalam masa pandemi Covid-19. Pelaksanaan pembelajaran daring dilakukan di rumah masing-masing, sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Salah satu upaya pemerintah untuk tetap memberlangsungkan pendidikan adalah dengan mengadakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan metode daring.  Akan tetapi, dengan sistem pembelajaran jarak jauh tidak menutup kemungkinan akan timbulnya beberapa masalah-masalah dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, peserta didik maupun tenaga pendidik diharuskan memiliki akses jaringan internet yang baik. Namun, banyak daerah-daerah memiliki akses internet yang kurang baik atau tidak lancar sehingga menjadi kendala berlangsungnya kegiatan belajar mengajar dengan baik. Selain itu, tidak sedikit peserta didik yang tidak mendapatkan hasil pembelajaran secara maksimal. Baik dari materi pelajaran maupun penugasan-penugasan yang diberikan oleh tenaga pendidik selama pandemi Covid-19 ini berlangsung.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai perguruan tinggi yang berada di wilayah Jawa Barat ikut berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19. Salah satu kontribusi Universitas Pendidikan Indonesia dalam pencegahan dan Penanggulangan dampak Covid-19 melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilakukan oleh mahasiswa UPI. Sebagai program ini  yang sudah cukup lama dilaksanakan dan dikembangkan di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik dijadikan sebagai wahana belajar dan pengabdian mahasiwa kepada Masyarakat. KKN ini dilaksanakan secara individu atau kelompok terbatas di daerah tempat tinggal masing – masing. 

KKN (Kuliah Kerja Nyata) Tematik PPD Covid-19 program penguatan dan pendampingan  belajar daring dilakukan di SDN Pamitran kota Cirebon. Berdasarkan fakta lapangan  yang telah dilakukan didapatkan di katakan bahwa terdapat siswa SD kelas 1 dan 4 yang menjadi sasaran KKN mengalami kendala dalam pembelajaran daring khususnya mata pelajaran Matematika dan Membaca seperti kurang mengertinya pelajaran dan kurang latihan dalam membaca, guru yang kurang kompeten dengan pembelajaran daring serta tugas yang menumpuk oleh sebab itu diterapkannya penguatan pembelajaran meteri Matematika dan membaca dengan sistem bimbingan belajar. Selain kegiatan tersebut mahasiswa upi menggunakan media pembelajaran yang menarik berupa pemberian tugas dan pendampingan melalui media zoom atau video call  menjadi referensi belajar siswa sehingga lebih variatif dan tidak membosankan, serta poster-poster.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x