Mohon tunggu...
Essie Tiara
Essie Tiara Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

7 Upaya BEM FISIP UAJY Meningkatkan Semangat Aktif dan Partisipatif Mahasiswa

24 Oktober 2018   10:20 Diperbarui: 24 Oktober 2018   12:15 359 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Upaya BEM FISIP UAJY Meningkatkan Semangat Aktif dan Partisipatif Mahasiswa
Foto Panitia Inisiasi 2017 dengan latar belakang tangga demokrasi. (instagram/kesyacm)

Istilah "kupu-kupu"memiliki makna yang berbeda di kalangan mahasiswa. Ketika kata tersebut terucap, bukan gambaran serangga dengan sayap indah yang terlintas. Melainkan sosok mahasiswa yang terkesan acuh tak acuh pada kampus dan dinamikanya. Mengapa? Karena "kupu-kupu"sendiri merupakan singkatan dari "kuliah-pulang kuliah-pulang."

BEM FISIP UAJY (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya) periode 2017/2018 mengangkat isu ini untuk menjadi bahan diskusi terbuka bagi masyarakat FISIP UAJY. Berlatar di tangga demokrasi FISIP UAJY, diskusi ini mengundang beberapa dosen dan alumni pengurus BEM tahun-tahun sebelumnya. Isu "kupu-kupu" ini pun terpampang nyata ketika diskusi diadakan. Hal ini dibuktikan dengan jumlah mahasiswa yang hanya segelintir ketika diskusi ini berlangsung. 

Namun, periode BEM 2017/2018 telah berakhir dan digantikan oleh BEM periode 2018/2019. Maka,  isu "kupu-kupu" otomatis menjadi PR untuk BEM FISIP UAJY periode saat ini. 

Thomas Paksi, Wakil BEM FISIP UAJY 2018/2019 mengaku, pada periode ini BEM ingin menjalankan program kerja dengan tujuan utama membangkitkan semangat aktif dan partisipatif dari mahasiwa FISIP UAJY. BEM FISIP UAJY memaksimalkan fungsi setiap divisi untuk membuat baik fasilitas maupun acara yang bersifat "memancing" keaktifan mahasiswa. Di bawah ini 7 Program Kerja BEM FISIP UAJY 2018/2019 yang merupakan upaya membangun semangat aktif dan partisipatif mahasiswa FISIP UAJY.

1. "CABE" Cakap-cakap Berfaedah

adalah wadah aspirasi mahasiswa berupa forum diskusi terbuka untuk seluruh masyarakat FISIP. Diskusi ini pun "menggandeng" organisasi-organisasi di kampus dengan fokus baik akademik maupun non-akademik.

2. 17 Agustus-an

BEM periode 2018/2019 telah mengadakan acara 17 agustus-an dengan mengundang masyarakat sekitar kampus. Lomba yang diadakan dibuat seunik mungkin seperti balap karung jongkok menggunakan helm, makan kerupuk dengan tali yang tersambung ke jempol kaki peserta, makan mi porsi jumbo, dan lain sebagainya. Acara ini dibawahi oleh divisi Hubungan Masyarakat Eksternal BEM FISIP UAJY.

3. Pelatihan Public Speaking 

Pelatihan ini diadakan pada 19 September 2018 di kampus FISIP UAJY. Mengundang MC Profesional dari Swaragama Radio dan Tim dari NMW Skincare,  BEM FISIP UAJY menawarkan secara gratis untuk mahasiswa UAJY yang tertarik untuk ikut. Acara ini dibawahi oleh divisi Hubungan Masyarakat Internal.

4. Papan Aspirasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN