Mohon tunggu...
Evi Siregar
Evi Siregar Mohon Tunggu... Dosen - Dosen-peneliti

Bekerja di sebuah universitas negeri di Mexico City.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Kuliner Indonesia Sudah Bisa Dinikmati Kembali di Mexico City

26 Juni 2022   22:10 Diperbarui: 26 Juni 2022   23:06 153 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pembukaan Restoran Indonesia "Jawa" di Mexico City. Foto: dokumentasi pribadi.

Kuliner Indonesia kini sudah bisa dinikmati kembali di Mexico City. Sebuah restoran Indonesia baru saja dibuka pada tanggal 19 Juni 2022, oleh Duta Besar RI Cheppy Wartono, dan dihadiri lebih dari 60 orang tamu, di antaranya diaspora Indonesia, yang sudah lama menunggu dibukanya kembali restoran Indonesia. Eni Sulistyaningsih, sang pemilik restoran, memberi nama Jawa, Restaurante de Indonesia.

Berita tentang pembukaan restoran Indonesia di Mexico City bukan hanya membuat para diaspora Indonesia yang berada di Meksiko bahagia, melainkan juga bagi para sahabat Indonesia (baik orang Meksiko maupun orang asing yang tinggal di sana). Antusias mereka terlihat pada saat diselenggarakannya pembukaan restoran tersebut. Bahkan, mereka dengan suka cita ikut membantu melakukan persiapan acara pembukaan itu.

Mereka sangat antusias, bukan hanya karena sekarang bisa kembali menikmati masakan Indonesia. Restoran ini, yang terletak di Polanco --tak jauh dari KBRI--, salah satu kawasan bergengsi di Mexico City, bisa menjadi tempat nongkrong yang oke punya.

Dokpri
Dokpri

"Alhamdulillah, saya kembali bisa membuka restoran Indonesia di sini, setelah empat tahun kosong. Karena gempa tahun 2017, saya terpaksa menutup Warung Makan. Terus, ditambah lagi pandemi covid. Apa boleh buat," kata Eni.

"Satu tahun terakhir ini memang muncul niat untuk kembali membuka restoran, tetapi saya tidak menemukan tempat yang cocok. Bulan lalu secara tak sengaja saya menemukan tempat ini. Saya suka dan ternyata proses untuk menyewa tempat ini berjalan lancar dan cepat. Pucuk dicinta ulam tiba. Mudah-mudahan memang jodoh," ungkapnya dengan penuh semangat.

Ketika ditanya mengenai alasannya terjun ke dunia bisnis kuliner, Eni menjawab bahwa bisnis kuliner itu sangat menjanjikan, karena tiap hari orang pasti perlu makan dan mereka perlu makan makanan yang berbeda. Kebetulan di Mexico City belum ada restoran Indonesia, dan orang Meksiko mempunyai kebiasaan makan di luar. Jadi, ini sebuah kesempatan yang baik untuk menawakan kuliner Indonesia di sini.

Eni Sulistyaningsih, pemilik restoran, pada acara pembukaan. Foto: dokumentasi pribadi.
Eni Sulistyaningsih, pemilik restoran, pada acara pembukaan. Foto: dokumentasi pribadi.

Dalam acara pembukaan restoran tersebut Eni menjelaskan bahwa ia memberikan nama Jawa, sebagai bentuk penghormatannya kepada keluarga dan leluhur. Namun, menu yang ditawarkan adalah kuliner Nusantara, dari Barat sampai ke Timur.  

Melalui keanekaragaman menu yang ia tawarkan di restorannya, ia ingin memperkenalkan budaya Indonesia lebih luas lagi kepada masyarakat Mexico City. Apalagi, pada saat ini pemerintah Indonesia sedang gencar-gencarnya melakukan promosi kuliner dan rempah-rempah. Indonesia Spice Up The World. Itu sebabnya ia memutuskan untuk menawarkan masakan dengan cita rasa Indonesia yang autentik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan