Mohon tunggu...
Epul Saepulloh
Epul Saepulloh Mohon Tunggu... Guru - Guru mata pelajaran Bahasa Inggris di SMPN 1 Caringin kecamatan Caringin Kabupaten Garut

Saya guru mata pelajaran bahasa inggris dari 2015 sampai sekarang. Pada tahun 2015-2020 mengajar di SMAN 14 Garut. Dan pada tahun 2021 saya mutasi ke SMPN 1 Caringin.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penggunaan Media pada Pembelajaran

2 Oktober 2022   10:32 Diperbarui: 2 Oktober 2022   10:33 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mendapati adanya kendala dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris di kelas 8 di SMPN 1 Caringin terkait penguasaan kosakata peserta didik. Ditemukan latar belakang masalahnya ialah metode pembelajaran yang terkesan monoton dengan menggunakan metode yang sama untuk setiap kegiatan pembelajaran dan juga penggunaan media pemebalajaran yang belum maksimal.

Apa yang saya sudah laksanakan tentunya penting untuk dibagikan dengan harapan dapat memotivasi diri saya sendiri untuk berkembang lebih baik dan semoga juga untuk rekan guru yang lain dalam mengembangkan dan memajukan kualitas pembelajaran peserta didik.

Pada praktik ini saya sebagai guru berperan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran. Pada tahapan perancangan, saya terlebih dahulu merancang perangkap pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar, Lembar Kerja Peserta Pidik (LKPD), Media pembelajaran, dan intrumen penilaian yang berdasar pada silabus untuk peserta didik kelas 8. 

Kemudian melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan berbekal perangkat pembelajaran yang telah dibuat. Dan diakhiri dengan melaksanakan evaluasi dengan instrumen yang sudah disiapkan pada tahapan perencanaan.

Keterbatasan sarana dan prasarana menjadi tantangan tersendiri untuk saya dalam mencapai tujuan pembelajaran yang dirumuskan. Ketidak terbiasanya peserta didik menggunakan teknologi dalam pembelajaran juga menjadi tantangan tersendiri bagi siswa. 

Dukungan yang diberikan kepala sekolah dan jajaran staff sekolah sangat lah berarti dengan mengijinkan saya menggunakan sarana dan prasarana dalam prosem belajaran. kemudian Peran rekan sejawat terutama yang mata pelajaran yang dimpuh sangatlah besar dalam memberikan saran metode ataupun media apa yang cocok pembelajaran yang saya laksanakan.

Untuk mengatasi tantangan yang pada pembelajaran yang saya rancang dengan memaksimalkan media pembelajaran yang tersedia ataupun menciptakan media sederhana yang dapat digunakan oleh peserta didik. Untuk penayangan video pada saat pembelajaran saya meminta ijin kepada pihak sekolah untuk menggunakan ruang komputer yang terdapat smartboard. 

Video pembelajaran dibuat menggunakan aplikasi Plotagon yang memungkinkan kita membuat video percakapan dengan animasi yang menarik dan menggunakan suara native speaker. 

Dengan aplikasi ini saya cukup memasukan percakapan yang telah kita buat kedalam aplikasi yang nantinya akan diperagakan oleh charakter yang telah dipilih sebelumnya tentu dengan suara native speaker. Selain itu juga kita bisa menggunakan rekaman suara yang telah kita buat.

Selanjutnya saya membuat flashcard yang berbasis aplikasi yang dapat digunakan pada handphone android. Proses pembuatan aplikasi sendiri menggunakn website builder bernama Kodular yang mana saya dapat membuat aplikasi tanpa harus menggunakan program coding. 

Walaupun tahapanya tidak sesederhana membuat video dengan aplikasi kodular namun mekanisme cukup sederhana dengan membuat merancang screen untuk tiap halaman yang akan muncul pada layar handphone kemudian memasukan flashcard pada layar tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun