Mohon tunggu...
Eryska Noviolani A.S.
Eryska Noviolani A.S. Mohon Tunggu... Mahasiswa

:)

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

KKN UNS Covid-19 Menambah Pemahaman Masyarakat tentang Covid-19 di Perumahan Lalung Karanganyar

6 Agustus 2020   20:03 Diperbarui: 6 Agustus 2020   19:54 27 1 0 Mohon Tunggu...

KARANGANYAR (15/07). Virus covid-19 memiliki berbagai dampak yang dapat berpengaruh bagi seluruh dunia. Pada bidang pendidikan, baik sekolah maupun universitas melakukan pembelajaran dengan cara melalui daring atau online. Salah satu kegitan yang sedang berlangsung pada tingkat universitas saat ini adalah kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang dilakukan oleh mahasiswa. 

Biasanya mahasiswa dalam kegiatan KKN akan secara langsung berinteraksi dengan masyarakat saat melakukan pengabdian disuatu desa. Namun pada saat pandemi ini kegiatan tersebut dilakukan secara online. Karena hal tersebut, kebijakan yang diambil oleh UNS untuk kegiatan KKN mahasiswanya adalah dengan cara dilakukan secara individu dan dilaksanakan di tempat asal mahasiswa masing -- masing. Kebijakan tersebut diambil sebagai salah satu cara dalam menghadapi situasi yang sedang terjadi saat ini.

Eryska Noviolani Azizatus S. (G0117032) atau yang sering dipanggil Eryska adalah salah satu mahasiswi UNS yang sedang melakukan kegiatan KKN di daerah tempat tinggalnya, yakni Perumahan Lalung Permai Karanganyar. Dibawah bimbingan Drs. Waridi Hendro Saputro, M.Si., Eryska melakukan KKN pada tahap 2 dengan memilih tema Supporting pemahaman masyarakat terhadap covid-19. 

Pemilihan tema tersebut disebabkan karena Eryska ingin memberikan informasi bagi warga Perumahan Lalung Permai RT 02/15 Karanganyar agar dapat lebih memahami informasi mengenai covid-19. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan dapat memutus persebaran covid-19 yang terjadi di daerah Kabupaten Karanganyar, khususnya di Perumahan Lalung Permai RT 02/15 Karanganyar.

Program kerja KKN yang dilakukan adalah melakukan edukasi seputar covid-19 dalam bentuk poster dan video yang disebarkan melalui media sosial Instagram, Whatsapp grup, dan Whatsapp story. Video yang dibuat berisi mengenai cara membuat masker kain sendiri dan cara mencuci tangan yang benar sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh WHO (World Health Organization). 

Selain itu, untuk mempermudah tersampainya informasi pada warga Perumahan Lalung Permai RT 02/15 Karanganyar, Eryska memasang MMT dan poster yang berisi mengenai covid-19 dan new normal di lingkungan tempat tinggalnya. Pembagian masker kain pada warga juga dilakukan oleh Eryska dengan tujuan agar warga di tempat tinggalnya mulai terbiasa untuk menggunakan masker saat keluar rumah.

Kegiatan KKN covid-19 pada tahap 2 ini berlangsung mulai tanggal 15 Mei 2020 hingga 30 Juni 2020. Diharapkan dengan adanya kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut maka pemahaman masyarakat mengenai covid-19 dapat lebih meningkat. Masyarakat juga diharapkan dapat melakukan pencegahan agar tidak terkena virus covid-19 dengan cara lebih menerapkan pola hidup sehat seperti makan -- makanan yang lebih sehat dan melakukan olahraga.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x