Mohon tunggu...
Erwin Suparman R Manurung
Erwin Suparman R Manurung Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Berenang

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Investasi Asing Langsung, Mendorong Ekonomi atau Ancaman?

27 November 2023   15:04 Diperbarui: 27 November 2023   15:13 114
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Investasi asing langsung (tdi) adalah salah satu faktor penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Hal ini dapat mendorong ekonomi dengan memberikan modal, teknologi, sumberdaya manusia dan peluang pasar yang baru. Namun ada juga pendapat yang menyatakan investasi asing dapat menjadi ancaman bagi suatu ekonomi negara. 

Dalam artikel yang saya bahas apakah investasi asing akan langsung akan mendorong ekonomi atau justru menjadi ancaman dan investasi, investasi asing telah menjadi topik yang kontroversial dibanyak negara. Beberapa menganggapnya sebagai pendorong utama pertumbuhan ekonomi sementara yang lain melihatnya sebagai ancaman terhadap keberlanjutan ekonomi domestik. Artikel ini yang saya buat ini akan membahas apakah investasi langsung secara efektif mendorong ekonomi ataukah sebaliknya merupakan ancaman bagi tuan rumah. Dalam tulisan ini akan dibahas poin poin penting yang berkaitan dengan isu tersebut. 

I. Pengertian investasi langsung 

Investasi asing langsung dapat didefinisikan sebagai investasi yang dilakukan oleh entitas atau individu asing disuatu negara untuk mendapatkan kontrol atau kepemilikan langsung pada perusahaan suatu negara tuan rumah. Dapat berupa pembelian saham, pendirian perusahaan baru atau ekspansi kegiatan usaha yang ada. Hal ini berbeda dengan investasi prtofolio, dimana investor hanya memiliki saham perusahaan tanpa kontrol langsung. 

II. Keuntungan Investasi Asing Langsung Dapat Memberikan Beberapa Keuntungan Bagi Tuan Rumah 

1. Peningkatan pendapatan dan pekerjaan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Masuknya modal asing dapat meningkatkan pendapatan nasional melalui pembentukan perusahaan baru atau ekspansi perusahaan yang sudah ada selain itu juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan yang baru, mengurangi tigkat penganguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. 

2. Tranfer teknologi pengetahuan investasi asing langsung sering kali membawa teknologi baru dan pengetahuan ke negara tuan rumah melalui transfer teknologi, negara tuan rumah dapat memperoleh akses ke pengetahuan baru, metode produksi yang lebih efisien.  Kemajuan teknologi ini dapat meningkatkan daya saing industri dalam negri

3. Peningkatan insfratruktur dan kapasiyas produksi dapat menyediakan dana yang diperlukan untuk mengembangkan insfratruktur yang penting bagi pertumbuhan ekonomi. Perusahaan asing sering kali berinvestasi dalam pembangunan jalan, pelabuhan, bandara dan energi listrik yang meningkatkan kemampuan produksi dan distribusi. 

4. Akses kepasar internasional dengan adanya investasi asing langsung perusahaan dalam negri dapat memperoleh akses pasar internasional melalui koneksi dan jaringan perusahaan asing. Ini dapat meningkatkan ekspor dan memperluas pasar diluar negri. 

III . Ancaman investasi Asing Langsung 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun