Mohon tunggu...
Erry Sinaga
Erry Sinaga Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

The Marketing Mix sebagai Metode Usaha agar Bertahan di Tengah Pandemi

14 Agustus 2020   14:19 Diperbarui: 14 Agustus 2020   15:01 5 0 0 Mohon Tunggu...

Erry Phoni Sinaga - Teknik Industri

Dosen Pembimbing : Heri Sugito, S.si.,M.Sc

RT 01/RW 02 Kelurahan Tembalang 

Merebaknya virus corona memukul berbagai sektor. Tak terkecuali sektor ekonomi. Sejumlah kafe, obyek wisata, hotel, dan pusat-pusat perbelanjaan memilih tutup sementara untuk menghindarkan kerumunan orang. Pedagang kaki lima atau pasar tradisional pun terdampak. Omset pedagang turun seiring dengan imbauan pemerintah agar masyarakat bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Para pelaku usaha di wilayah RT 01/RW 02 Kelurahan Tembalang juga merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Usaha - usaha yang tadinya berjalan dengan lancar sekarang mengalami kendala dikarenakan mahasiswa Undip yang merupakan sebagian besar sumber penghasilan dari masyarakat sudah meninggalkan Tembalang sehingga usaha usaha yang ada di Tembalang mengalami kesusahan.The Mix Marketing merupakan suatu metode dan strategi bisnis yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan pemasukan bisnis di tengah pandemi covid-19 ini. Metode ini membantu pelaku usaha merumuskan strategi marketing yang efektif. Dengan begitu pelaku usaha bisa memengomunikasikan produknya kepada target pasar yang tepat dan dengan pesan yang sesuai. Sosialisasi The Mix Marketing ini dilakukan oleh Erry Phoni Sinaga mahasiswi KKN TIM II Universitas Diponegoro periode tahun 2020. Mengingat kondisi saat ini yang masih rawan akan penyebaran virus COVID-19, pelaksanaan sosialisasi metode ini dilakukan dengan tidak melakukan perkumpulan secara massal melainkan dilakukan dengan pembuatan dan penyebaran poster sederhana  di kawasan RT 01/RW 02 Kelurahan Tembalang. Sasaran dari program ini yaitu seluruh pelaku usaha yang berada di kawasan tersebut.

dokpri
dokpri
"Harapannya dalam program edukasi metode The Mix Marketing ini para pelaku usaha di kawasan RT 01/RW 02 Kelurahan Tembalang mengetahui dan mampu menerapkan nya sehingga usaha yang tengah kesulitan dapat bertahan di tengah pandemi ini" ujar kepala RT 01/ RW 02, Kelurahan Tembalang, Pak Permadi 

dokpri
dokpri
 

VIDEO PILIHAN