Mohon tunggu...
Erfan Isroil
Erfan Isroil Mohon Tunggu... Mahasiswa - erphantropus_meletus

(Bukan) Spesies manusia purba

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Berdayakan UMKM Desa Modangan Pasca Pandemi Bersama Pokja Patria Hestamma

28 Januari 2022   23:49 Diperbarui: 29 Januari 2022   00:15 71 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Selama masa pandemi Covid-19 banyak sekali sektor-sektor yang mengalami kerugian, begitu pula yang terjadi pada beberapa UMKM di Desa Modangan. Desa Modangan sendiri merupakan salah satu desa atau daerah yang berada di Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Dimana di dalam Desa Modangan terdapat berbagai wisata, kesenian, dan UMKM yang beragam.

Sebelumnya, Pokja Patria Hestamma merupakan salah satu kelompok kerja (pokja) dari KKM-DR (Kuliah Kerja Mahasiswa - Dari Rumah) 2021-2022 yang diselenggarakan oleh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dimana KKM merupakan ajang dimana para mahasiswa bisa terjun langsung untuk mengabdi dan membantu masyarakat dalam menyelesaikan masalah yang ada di desa. Begitu juga sebaliknya, para mahasiswa bisa menimbah ilmu-ilmu umum yang bisa didapatkan dari masyarakat sekitar.

Pemberdayaan UMKM Desa Modangan merupakan program kerja utama yang dilaksanakan oleh Pokja Patria Hestamma. Terdapat banyak jenis UMKM yang berada di Desa Modangan, mulai dari kuliner, peralatan rumah tangga, pupuk bokasi, hasil perkebunan, serta barang-barang kerajinan. Karena banyak pelaku usaha yang belum paham dengan perkembangan teknologi, kami berinisiatif untuk membantu pemasaran melalui salah satu platform media sosial (Instagram) yang kemudian akan dialihkan kepada BUMDes Modangan untuk mengelolanya demi perkembangan UMKM Desa Modangan.

Kami juga membuat katalog serta banner UMKM yang fungsinya sebagai media bagi BUMDes untuk mengetahui data-data dari UMKM yang berada di Desa Modangan. Masalah yang melatar belakangi hal tersebut adalah karena sebelumnya terdapat wisatawan yang bertanya mengenai UMKM di Desa Modangan, dengan tidak adanya media yang menunjang sehingga BUMDes sedikit mengalami kesulitan dalam menjelaskan kepada wisatawan. Maka dari itu, kami membuat katalog yang berisikan deskripsi singkat, alamat, foto-foto produk serta beberapa informasi lain yang bisa membantu BUMDes dalam menjelaskan UMKM kepada wisatawan.

dokpri
dokpri

Selain itu, kami juga membuat banner UMKM yang fungsinya sebagai penanda bahwa pada lokasi tersebut terdapat usaha sesuai dengan tulisan yang tertera. Jadi selain kami membantu pemasaran UMKM melalui media sosial, kami juga memberi kemudahan kepada BUMDes dalam mendata dan mengelola UMKM yang terdapat pada Desa Modangan.

Sekian informasi yang bisa saya bagikan, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan