Mohon tunggu...
Erni Wardhani
Erni Wardhani Mohon Tunggu... Guru - Guru, penulis konten kreator (Youtube, Tiktok), EO

Guru SMKN I Cianjur, Tiktok, Youtube, Facebook: Erni Wardhani Instagram: Erni Berkata dan Erni Wardhani. Selain itu, saya adalah seorang EO, Koordinator diklat kepala perpustakaan se-Indonesia, sekretaris bidang pendidikan Jabar Bergerak Provinsi, Pengurus Komunitas Pengajar Penulis Jawa Barat, Pengurus Komunitas Pegiat Literasi Jawa Barat, Pengurus IGI kabupaten Cianjur, sekretaris Forum Kabupaten Cianjur Sehat, Founder Indonesia Berbagi, Tim pengembang Pendidikan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VI Provinsi Jawa Barat, Humas KPAID Kabupaten Cianjur.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pertanyaan-pertanyaan Elaborasi 1.3.a.7

5 Oktober 2022   22:26 Diperbarui: 5 Oktober 2022   22:47 5538 11 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada sesi ini kita diintruksikan untuk membuat pertanyaan-pertanyaan yang mendalam berdasarkan apa yang telah kita pahami di  konsep modul 1.3 ini.

Pertanyaan yang diajukan untuk memotivasi menelusuri jawabannya bersama instruktur, karena dengan demikian diharapkan akan menguatkan pemahaman kita tentang modul 1.3 ini sendiri.

Setiap satu modul, kita akan dihadapkan pada kegiatan yang sama, yaitu mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi kelompok, ruang kolaborasi presentasi, unggah tugas ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antarmateri, dan aksi nyata. 

Seperti biasa, sebelum elaborasi, para Calon Guru Penggerak diintruksikan untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan modul yang sedang dipelajari. 

Bukan jumlah soalnya, tapi lebih kepada seberapa dalam kita pahami dan gali modul tersebut.

Membuat pertanyaan yang berhubungan dengan modul, bukanlah sebuah hal yang biasa. Seperti sederhana, namun sebetulnya kita diajari untuk memiliki nalar kritis untuk menemukan permasalahan yang ada di dalam modul.

Pertanyaan-pertanyaan yang bisa diajukan adalah:

1. Bagaimana cara menerapkan paradigma Inquiri Apresiatif dengan menerapkan model perubahan BAGJA di sekolah?

2. Apa kaitan peran pendidikan dalam mewujudkan filosofi Ki Hajar Dewantara dan Profil Pelajar Pancasila pada murid dengan paradigma IA di sekolah?

3. Bagaimana cara kita menghadapi tantangan dari berbagai aset yang ada agar kita bisa sukses berkontribusi menerapkan paradigma IA di sekolah?

4. Bagaimana cara merumuskan dan menyesuaikan visi untuk menumbuhkan murid merdeka belajar di sekolah?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan